Rancang Bangun Sistem Pendaftaran Dan Pengarsipan Berbasis Web

Authors

  • Ibnu Ghozali Universitas Ibn Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.32832/inova-tif.v3i2.4130

Abstract

RANCANG BANGUN SISTEM PENDAFTARAN DAN PENGARSIPAN DESA BERBASIS WEB (Studi Kasus: Desa Cibatok Dua – Cibungbulang Bogor). Pendaftaran merupakan salah satu bagian dari kegiatan administrasi yang memberikan layanan bidang administrasi yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan secara efektif dan memberi dampak kelancaran pada bidang lainnya, tidak terkecuali bagi pemerintahan desa yang harus melayani masyarakat dalam hal administrasi. Desa cibatok dua merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor yang masih menggunakan pelayanan dengan sistem konvensional yang rentan dengan kerusakan, kehilangan ataupun kesalahan dalam proses administrasi salah satunya adalah saat pendaftaran dan pengarsipan, serta kesadaran masyarakan yang kurang terhadap pentingnya mengurus surat-surat tertentu yang wajib dimiliki. Pelayanan merupakan suatu hal yang penting bagi suatu intansi pemerintahan, maka dengan adanya sistem berbasis web ini diharapkan bisa memudahkan masyarakat dan pihak desa dalam hal pendaftaran dan pengarsipan segingga bisa meningkatkan pelayanan yang lebih baik. Sistem yang dibuat berbasis web ini dapat menyimpan data berbasis DBMS yang dimana dalam proses input, edit maupun delete hanya dapat diakses oleh pengguna tertentu. Sistem pendaftaran dan pengarsipan ini menghasilkan formulir pengajuan dan pengarsipan.

Author Biography

Ibnu Ghozali, Universitas Ibn Khaldun

Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik

References

Profil Singkat Desa Cibatok Dua.

Pressman, Roger S. Rekayasa Perangkat Lunak : Pendekatan Praktisi (Buku Satu), Yogyakarta : Andi, 2002.

Rachman, Ari, Rd. Erwin Gunadhi, M.T, Ate Susanto, M.T, Pembuatan Aplikasi Sistem Informasi Balai Produksi Dan Pengujian Roket LAPAN Pameungpeuk Berbasis WEB, ISSN : 2302-7339 Vol. 09 No. 30 2012.

Achmad Solichin, MySQL 5: Dari Pemula Hingga Mahir, versi 1.0, Jakarta, 2010.

Rosa A.S, M Shalahudidin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, Informatika, 2015.

Sunaryo, Widorini, Dr, M. ARS, Pedoman Penyusunan Flowchart Unit Kerja, 2014.

L. Whitten, Jeffrey, Lonnie D. Bentley, System Analysis & Design Methods, (7th Edition), MacGraw-Hill, New York, 2007.

Roger S. Pressman, Ph.D., Software Engineering: A Practitioner's Approach, Fifth Edition, Thomas Catson, 2001.

Downloads

Published

2020-12-13

How to Cite

Ghozali, I. (2020). Rancang Bangun Sistem Pendaftaran Dan Pengarsipan Berbasis Web. Jurnal Inovatif : Inovasi Teknologi Informasi Dan Informatika, 3(2), 135–141. https://doi.org/10.32832/inova-tif.v3i2.4130

Issue

Section

Artikel