Rancang Bangun Sistem Informasi Koperasi Berbasis Web Dengan QR Code Pada Koperasi BMT Riyadhul Jannah

Authors

  • Akbar Ramdoni Universitas Ibn Khaldun
  • Dewi Primasari Universitas Ibn Khaldun
  • Safaruddin H. Al Ikhsan Universitas Ibn Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.32832/inova-tif.v3i2.4137

Abstract

Dengan kemajuan ilmu teknologi saat ini semakin banyak kebutuhan manusia secara global akan pentingnya sistem informasi yang dibutuhkan untuk membantu menyelesaikan pekerjaan. Koperasi BMT Riyadhul Jannah sejalan dengan waktu, berkembang dengan banyaknya jumlah nasabah yang membutuhkan pembiayaan dan peruntukan pembiayaan yang diperlukan menjadi semakin bervariasi, sedangkan sistem yang sedang berjalan saat ini masih menggunakan metode pencatatan pada buku baik transaksi simpan pinjam, angsuran, dan anggota baru, sehingga menyulitkan petugas untuk membuka arsip-arsip yang yang terdahulu dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Tujuan penelitian ini adalah membuat sistem informasi koperasi yang dapat memudahkan petugas dalam melakukan input data simpan pinjam, proses pencarian data nasabah dan melakukan rekaptulasi data laporan harian dan bulanan. Salah satu teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk mempermudah dan meminimalisir kesalahan adalah dengan menggunakan QR Code yang dibangun pada aplikasi berbasis web dengan PHP & MYSQL. QR Code adalah sebuah matrix barcode (barcode dua dimensi) dan merupakan singkatan dari quick response yang sesuai tujuannya yaitu mengakses informasi dengan cepat dan mendapatkan tanggapan yang cepat.

Author Biographies

Akbar Ramdoni, Universitas Ibn Khaldun

Fakultas Teknik & Sains, Prodi Teknik Informatika

Dewi Primasari, Universitas Ibn Khaldun

Fakultas Teknik & Sains, Prodi Teknik Informatika

Safaruddin H. Al Ikhsan, Universitas Ibn Khaldun

Fakultas Teknik & Sains, Prodi Teknik Informatika

References

Suwinarno Nadjamuddin. "Sistem Informasi Simpan Pinjam Di Koperasi Serba Usaha Cilengkrang Bandung” Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), Vol. 1, No. 5, pp. hal 1-2, (2013).

Hanif Al Fatta, "Analisis dan Perancangan Sistem Informasi” 2015.

A Jajang W. Mahri. "Pelayanan Dan Manfaat Koperasi, Serta Pengaruhnya Terhadap Partisipasi Anggota” Jurnal ABMAS, Vol. 1, No. 6, pp. hal 1, (2006).

HM. Jogiyanto. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta.

Kadir, Abdul. 2003. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta.

M.M. Dr. Subandi. 2013. Ekonomi Koperasi. Alfabeta. Bandung.

Denso Corporation, "QR Code Essentials," Denso, 2011.

Downloads

Published

2020-12-13

How to Cite

Ramdoni, A., Primasari, D., & H. Al Ikhsan, S. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Koperasi Berbasis Web Dengan QR Code Pada Koperasi BMT Riyadhul Jannah. Jurnal Inovatif : Inovasi Teknologi Informasi Dan Informatika, 3(2), 148–153. https://doi.org/10.32832/inova-tif.v3i2.4137

Issue

Section

Artikel