SISTEM PENDATAAN BANTUAN SOSIAL COVID 19 BERBASIS WEBSITE (KELURAHAN NANGGEWER)

Authors

  • Andi Robiyanto Universitas Ibn Khaldun
  • Novita Br. Ginting Universitas Ibn Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.32832/inova-tif.v4i1.5478

Abstract

Pada masa pandemi Covid-19 yang memberikan dampak di seluruh Dunia, termasuk di Indonesia. Setiap negara memiliki kebijakan masing-masing untuk menanganinya, mulai dari pemberlakuan Lockdown, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), sampai dengan New Normal. Bantuan sosial tersebut diantaranya adalah Bantuan Sosial Tunai dan Bantuan Sosial Sembako. Aspek sistem pendataan bantuan sosial dikelurahan juga menjadi penting sehingga data warga yang mendapatkan bantuan sosial lebih akurat. Berdasarkan kondisi tersebut perlu dirancang sebuah sistem pendataan bantuan sosial sehingga dapat membantu pemerintah ditingkat kelurahan untuk mengelola bantuan sosial secara efektif, efisien dan akurat. Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh hasil analisa sistem informasi pendataan bantuan sosial covid 19 di kelurahan Nanggewer. Manfaat yang di dapat dari penelitian ini yaitu hasil analisa dapat digunakan untuk merancang sistem informasi pendataam bantuan sosial covid 19 di kelurahan Nanggewer.

Author Biographies

Andi Robiyanto, Universitas Ibn Khaldun

Prodi Teknik Informatika

Novita Br. Ginting, Universitas Ibn Khaldun

Prodi Teknik Informatika

References

A. Simangunsong, "Sistem Informasi Pengarsipan Dokumen Berbasis Web,” Jurnal Mantik Penusa, vol.2, no.1, E-ISSN 2580-9741, pp. 11-19, 2018.

Wahana Komputer, Membuat Aplikasi Database dengan Java dan MySQL. Yogyakarta : Andi, 2008.

Sutarman, Membangun Aplikasi Web dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta : Penerbit Graha Ilmu, 2003.

Nugroho, Adi. 2011. Perancangan dan Implementasi Sistem Basis Data.

Yogyakarta : Andi

A. B. B. Ladjamudin, Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2005.

Salamadian. (2021). Simbol-simbol flowchart berdasarkan website salamadian.com.https://salamadian.com/simbol-simbol-flowchart/ (diakses tanggal 01 Januari 2021).

Utomo, Dedy. "Pelaksanaan Program Keluarga Harapan Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Rumah Tangga Miskin (Studi Pada Unit Pelaksana Program Keluarga Harapan Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri)." Jurnal Administrasi Publik 2.1 (2014).

B. Raharjo, I. Heryanto, dan E.Rosdiana K. Modul Pemograman Web HTML, PHP & MySQL. Bandung : Modula, 2010.

Ardiansyah Pratama. 2018. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pendataan Rakyat Miskin untuk Program Beras Miskin (Raskin) Studi Kasus : Kantor Kecamatan Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

IJNS- Jurnal Manajemen Sistem Informasi

A. Kristanto, Perancangan SI dan Aplikasinya. Yogyakarta: Penerbit Gava Media, 2003

Downloads

Published

2021-06-05

How to Cite

Robiyanto, A., & Ginting, N. B. (2021). SISTEM PENDATAAN BANTUAN SOSIAL COVID 19 BERBASIS WEBSITE (KELURAHAN NANGGEWER). Jurnal Inovatif : Inovasi Teknologi Informasi Dan Informatika, 4(1), 28–33. https://doi.org/10.32832/inova-tif.v4i1.5478

Issue

Section

Artikel