IMPLEMENTASI ABSEN FINGERPRINT Di SMK YAPURA 1 BOGOR

Authors

  • Ridhan Anggihadi Prayudha UNIVERSITAS IBN KHALDUN
  • Yuggo Afrianto UNIVERSITAS IBN KHALDUN

DOI:

https://doi.org/10.32832/inova-tif.v2i2.5489

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi maka dilakukan pengembangan berbagai aplikasi yang dapat merubah sistem kerja Mesin absen sidik jari atau fingertprint adalah suatu mesin yang digunakan untuk mengetahui dan mendata kehadiran dengan mengidentifikasi tekstur sidik jari sebagai media pendataan Mesin absensi tidak dapat berdiri sendiri melainkan harus terkoneksi dengan sebuah jaringan komputer Absensi sidik jari digital yang digunakan berbasis IP yang bergantung pada sistem komputer. IP di atur secara manual pada mesin absensi sidik jari digital dan pada saat penginstalan software absensi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah membantu memantau kehadiran guru secara maksimal, membantu manage atau merekap absensi para guru menggunakan aplikasi fingerprint. Adapun manfaat yang diperoleh dari penelitian ini yakni meningkatkan kedisiplinan dan memudahkan absensi kehadiran guru dan siswa mempelajari proses absensi mulai dari scan sidik jari ke mesin fingerprint hingga pengiriman laporan ke pusat database absen. Metode analisi, implementasi dan pengujian. Kata kunci : absensi, fingerprintSeiring dengan perkembangan teknologi maka dilakukan pengembangan berbagai aplikasi yang dapat merubah sistem kerja Mesin absen sidik jari atau fingertprint adalah suatu mesin yang digunakan untuk mengetahui dan mendata kehadiran dengan mengidentifikasi tekstur sidik jari sebagai media pendataan Mesin absensi tidak dapat berdiri sendiri melainkan harus terkoneksi dengan sebuah jaringan komputerAbsensi sidik jari digital yang digunakan berbasis IP yang bergantung pada sistem komputer. IP di atur secara manual pada mesin absensi sidik jari digital dan pada saat penginstalan software absensi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah membantu memantau kehadiran guru secara maksimal, membantu manage atau merekap absensi para guru menggunakan aplikasi fingerprint. Adapun manfaat yang diperoleh dari penelitian ini yakni meningkatkan kedisiplinan dan memudahkan absensi kehadiran guru dan siswa mempelajari proses absensi mulai dari scan sidik jari ke mesin fingerprint hingga pengiriman laporan ke pusat database absen. Metode analisi, implementasi dan pengujian. Kata kunci : absensi, fingerprint

Author Biographies

Ridhan Anggihadi Prayudha, UNIVERSITAS IBN KHALDUN

prodi teknik informatika

Yuggo Afrianto, UNIVERSITAS IBN KHALDUN

prodi teknik informatika

References

H. I. Syahandani, "Sistem Informasi Kehadiran Dosen dengan Menggunakan Sidik Jari (Fingerprint ) pada Fakultas Teknik Universitas Islam Kuantan Singingi,” J. Perencanaan, Sains, Teknol. dan Komput., vol. 2, no. 1, pp. 67–75, 2019.

Arief, "Pengertian Basis Data | Informatika,” 17 Mei 2013, 2013. .

D. Saripurna, "MODEL PEMANFAATAN JARINGAN KOMPUTER YANG EFEKTIF UNTUK PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PADA JARINGAN LAN,” Saintikom, vol. 11, no. januari, 2018.

niswatul.wordpress, "pengertian Jaringan LAN, MAN, WAN dan internet | niswatul,” https://niswatul.wordpress.com, 2017.

ikomputerpc.blogspot, "Pengertian Jaringan LAN, WAN, MAN dan Internet - Komputer PC,” http://ikomputerpc.blogspot.co.id/2013/09/pengertian-jaringan-lan-wan- man-dan.html, 2017. .

M. Azam, "Jenis-Jenis Kabel Jaringan Beserta Fungsinya yang Perlu Anda Ketahui,” nesabamedia, 2019. https://www.nesabamedia.com/jenis-jenis- kabel-jaringan/.

just-effry.blogspot.co.id, "Pengertian dan fungsi Kabel UTP,STP,COAXSIAL,Wireless ~ everything,” http://just- effry.blogspot.co.id/2013/12/pengertian-dan-fungsi-kabel.html, 2017. .

A. Andaru, "Pengertian database secara umum,” OSF Prepr., p. 2, 2018.

Sucipto, "Perancangan Active Database System pada,” J. INTENSIF, vol. 1, no. 1, pp. 35–43, 2017.

J. A. Putri and N. F. Soeliman, "ANALISIS DAN IMPLEMENTASI REPORTING SERVICE PADA APLIKASI ABSENSI PNS MENGGUNAKAN SSRS,” InfoTekJar (Jurnal Nas. Inform. dan Teknol.Jaringan), vol. 2, no. 1, pp. 27–32, Sep. 2017, doi: 10.30743/infotekjar.v2i1.142.

Fahmi Kamal, Widi Winarso, and Wastam Wahyu Hidayat, "PENGARUH ABSENSI FINGERPRINT TERHADAP PENINGKATAN DISIPLIN KERJA PEGAWAI PADA KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA,” J. Ilm. Akunt. dan Manaj., vol. 16, no. 2, pp. 32–49, Nov. 2020, doi: 10.31599/jiam.v16i2.352.

Downloads

Published

2019-12-05

How to Cite

Prayudha, R. A., & Afrianto, Y. (2019). IMPLEMENTASI ABSEN FINGERPRINT Di SMK YAPURA 1 BOGOR. Jurnal Inovatif : Inovasi Teknologi Informasi Dan Informatika, 2(2), 120–129. https://doi.org/10.32832/inova-tif.v2i2.5489

Issue

Section

Artikel