PENGEMBANGAN SISTEM MONITORING PROYEK PERANGKAT LUNAK BERBASIS WEB DI PT. ASTECH ALUS TECHNOLOGY

Authors

  • Sonaji Yusup UNIVERSITAS IBN KHALDUN
  • Hersanto Fajri UNIVERSITAS IBN KHALDUN
  • Safaruddin H. Al-Ikhsan UNIVERSITAS IBN KLHALDUN

DOI:

https://doi.org/10.32832/inova-tif.v1i2.5499

Abstract

   PT. Astech Alus Technology adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang penyediaan jasa pengembangan perangkat lunak atau software house. Sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa, pemantauan perkembangan proyek harus dapat dilaksanakan dengan baik agar tercapai tujuan perusahaan. Dalam menjalankan aktifitas pengerjaan multi proyek, banyak hal yang masih dilakukan secara manual, sehingga menyulitkan pihak perusahaan untuk berkomunikasi antar sesama team internal perusahaan, seperti penyimpanan dokumen-dokumen perencanaan dan pelaksanaan yang masih dilakukan secara terpisah, hal ini sering mengakibatkan terjadinya miss komunikasi jika terdapat perubahan isi dokumen. Hal lain yang sering menimpa adalah kesepakatan antara perusahaan dan pelanggan yang tidak terdokumentasi dengan baik karena dilakukan secara manual, akibatnya banyak permintaan-permintaan dari pelanggan yang diluar kesepakatan sebelumnya, hal ini sangat merugikan perusahaan dari sisi waktu dan biaya. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan aplikasi yang mempermudah komunikasi berbagi dokumen-dokumen proyek, catatan perancangan dan pelaksanaan, serta dokumentasi kesepakatan antara perusahaan dan pelanggan; memperlancar komunikasi team internal dalam pengerjaan proyek; menghasilkan aplikasi yang dapat memonitoring pemasukan dan pengeluaran biaya suatu proyek untuk lingkup internal manajemen. Teknik perancangan sistem menggunakan UML (Unified Modelling Languange), dengan metode pengembangan sistem menggunakan metode waterfall yang mempunyai beberapa proses yaitu proses requirement definition, system and software design, implementation and unit testing, integration and system testing yang berfungsi sebagai pembuatan rancangan sistem agar sistem yang dibuat sesuai dengan kebutuhan pengguna. Hasil penelitian ini adalah sebuah sistem  monitoring proyek perangkat lunak berbasis web.

Kata Kunci: sistem informasi monitoring, sistem monitoring, waterfall, Unified Modelling Languange (UML)

Author Biographies

Sonaji Yusup, UNIVERSITAS IBN KHALDUN

prodi teknik informatika

Hersanto Fajri, UNIVERSITAS IBN KHALDUN

prodi teknik informatika

Safaruddin H. Al-Ikhsan, UNIVERSITAS IBN KLHALDUN

prodi teknik informatika

References

Kerzner, Harold, Project Management : A System Approach to Planning, Scheduling, and Controlling, 10th ed, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc., 2009.

Mercy Corps, Design, Monitoring and Evaluation Guidebook, 1st ed, Portland: [publisher unknown], 2005.

Putra A.S, Febriani O.M, Sistem Informasi Monitoring Inventori Barang Pada Balai Riset Standarisasi Industri Bandar Lampung, Jurnal Informatika, Vol.13, No.1, Juni 2013.

Mardini G.T, Sistem Monitoring Data Aset Dan Inventaris PT Telkom Cianjur Berbasis Web, Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA), Vol.2, No.1, ISSN: 2089-9033, Maret 2013.

Aprisa, Monalisa S, Rancang Bangun Sistem Informasi Monitoring Perkembangan Proyek Berbasis Web (Studi Kasus: PT. Inti Pratama Semesta), Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, Vol.1, No.1, ISSN: 2460-8181, Februari 2015.

Laudon K.C, Laudon J.P, Management Information System, 13th ed, England: Pearson, 2014.

Amsler G.M., Findley H.M., & Ingram E., Performance monitoring: guidance for the modern workplace, Supervision, Vol.72, No.1, ISSN: 0039-5854, Januari 2011.

Williams, R.S., Performance management: Perspectives on employee performance, 1st ed, London: International Thomson Business Press, 1998,

L. Whitten, Jeffrey, Lonnie D. Bentley, System Analysis & Design Methods, 7th Ed., New York: MacGraw-Hill, 2007.

Sommerville, Ian, Software Engineering, 9th ed, Boston: Pearson, 2011.

Pressman, R.S., Software Engineering a Practitioner's Approach, 7th Ed., New York: MacGraw-Hill, 2010.

Downloads

Published

2018-12-19

How to Cite

Yusup, S., Fajri, H., & Al-Ikhsan, S. H. (2018). PENGEMBANGAN SISTEM MONITORING PROYEK PERANGKAT LUNAK BERBASIS WEB DI PT. ASTECH ALUS TECHNOLOGY. Jurnal Inovatif : Inovasi Teknologi Informasi Dan Informatika, 1(2), 121–124. https://doi.org/10.32832/inova-tif.v1i2.5499

Issue

Section

Artikel