Mengukur Kepuasan Mahasiswa Dengan IPA

Muhamad Azis Firdaus, Diah Yudhawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran mengenai indikator-indikator kepuasan mahasiswa di Perguruan Tinggi khususnya di Universitas Ibn Khaldun. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratory survey dengan menggunakan instrumen kuisioner. Sample ditentukan sebanyak 180 mahasiswa aktif dari 6 Fakultas pada strata satu. Analisis data menggunakan angka rata-rata tingkat kinerja atribut dan rata-rata tingkat kepentingan, yang digambarkan ke dalam sebuah diagram cartesius.
Hasil survey menunjukan bahwa dimensi laboratorium, beasiswa, parkir, toilet dan kemahasiswaan merupakan dimensi yang perlu dilakukan peningkatan kinerja atribut-atributnya. Sementara itu dimensi perpustakaan, ruang kelas, lingkungan, pelayanan, dosen dan alumni merupakan dimensi yang perlu dipertahankan kinerja atributnya.


Keywords


IPA; Kinerja; Tingkat Kepentingan; Perguruan Tinggi

Full Text:

PDF

References


Flint, D.J., Blocker, C.P., Boutin, P.J., 2011. Customer value anticipation, customer satisfaction and loyalty: An empirical examination. Ind. Mark. Manag., Special issue on Service-Dominant Logic in Business Markets 40, 219–230. doi:10.1016/j.indmarman.2010.06.034

Gavrielides, T., 2008. Human Rights and Customer Satisfaction with Public Services: A Relationship Discovered. Int. J. Hum. Rights 12, 189–204. doi:10.1080/13642980801899634

Hasnelly, Yusuf, E., 2012. Analysis of Market-Based Approach on the Customer Value and Customer Satisfaction and Its Implication on Customer Loyalty of Organic Products in Indonesia. Procedia - Soc. Behav. Sci., ASIA PACIFIC BUSINESS INNOVATION AND TECHNOLOGY MANAGEMENT SOCIETY 40, 86–93. doi:10.1016/j.sbspro.2012.03.165

Khalaf, Alharthey Bandar; Rasli, Amran; Ratyan, Alanazi Talal, 2013, International Journal of Academic Research . Mar2013, Vol. 5 Issue 2, p297-301. 5p.

Kuusik, A., 2007. Affecting Customer Loyalty: Do Different Factors Have Various Influences in Different Loyalty Levels? (SSRN Scholarly Paper No. ID 1025989). Social Science Research Network, Rochester, NY.

Stein, M.M., Bowen, M., 2003. Building a customer satisfaction system: Effective listening when the customer speaks. J. Organ. Excell. 22. doi:10.1002/npr.10076

Paul Szwarc, 2005, Researching customer satisfaction and loyalty, Kogan page, London, United Kingdom.




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/inovator.v7i1.1460

Article Metrics

Abstract view : 77 times
PDF - 88 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Muhamad Azis Firdaus, Diah Yudhawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

My Stats

Flag Counter