Analisis Du Pont Untuk Mengukur Kinerja Keuangan Perusahaan

Authors

  • Lusi Damayanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Diah Yudhawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Riris Aishah Prasetyowati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32832/inovator.v8i1.1842

Keywords:

Assets Turn Over, Net Profit Margin, Return On Investment, Equity Multiplier, Return On Equity

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja keuangan PT. Semen Indonesia Tbk dan PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk dengan menggunakan Du Pont System. Penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif, sedangkan sumber data menggunakan data sekunder dengan teknik pengumpulan data studi pustaka (Library Research). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kinerja keuangan pada PT. Semen Indonesia Tbk dan Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Menggunakan Du Pont System menunjukan kinerja keuangan pada PT. Semen Indonesia Tbk selama 6 tahun dari tahun 2012 – 2017 diperoleh Return On Equity dengan rata – rata 17,01%. Pada PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk diperoleh rata – rata Return On Equity sebesar 18,69%, dapat dikatakan efisien dalam menggunakan modal. Perusahaan disarankan efisien dalam penggunaan modal dengan meningkatkan penjualan dan mengoptimalkan total aktiva, sehingga mendapatkan tingkat pengembalian Return On Investment yang tinggi dan menambah total aktiva tanpa meningkatkan total ekuitas perusahaan agar menghasilkan Equity Multiplier yang diharapkan dengan begitu Return On Equity akan meningkat.

References

Ditya, V. W. (2016). Analisis Kinerja Keuangan Bank Syariah periode 2011-2015 Dengan Teknik Du Pont System ( Studi pada Bank Syariah Mandiri (BSM), Bank Muamalat Indonesia (BMI), dan Bank Rakyat Indonesia Syariah (BRIS). Jakarta: Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah.

Fahmi, I. (2012). Pengantar Manajemen Keuangan (Teori dan Soal Jawab). Jl. Gegerkalong Hilir No. 84 Bandung: ALFABETA, cv.

Firdaus, M. A. (2016). Metode Penelitian. Tangerang: Jelajah Nusa.

Gumbira, G. (2014). Analisis ROE Untuk Mengukur Kinerja Keuangan Perusahaan Dengan Menggunakan Sistem Du Pont (Studi kasus PT. United Tractors Tbk). Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Ibn Khaldun Bogor.

http://semenindonesia.com//.

http://www.idx.co.id//.

http://www.indocement.co.id//.

Husmayadi, L. S. (2016). Analisis Sistem Du Pont Untuk Mengukur Kinerja Keuangan Perusahaan Yang Telah Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) (Studi kasus PT. Astra AgTra Lestari Tbk, PT. Jaya Agra Wattie Tbk dan PT. Tunas Baru Lampung Tbk. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Ibn Khaldun Bogor.

Irmaningsih, D. (2017). Analisis Penerapan Du Pont Untuk Mengukur Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Pada Sub Sektor Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015. Bandar Lampung: Skripsi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Lampung.

James C., V. H., & John M., W. J. (2005). Prinsip - prinsip Manajemen Keuangan. Jakarta Selatan: Salemba Empat.

Kasmir. (2013). BANK DAN LEMBAGA KEUANGAN LAINNYA. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Kasmir. (2010). PENGANTAR MANAJEMEN KEUANGAN. Jakarta: KENCANA PRENADA GROUP.

Kuncoro, M. (2007). Metode Kuantitatif: TEORI DAN APLIKASI UNTUK BISNIS DAN EKONOMI. Yogyakarta: Percetakan (upp) STIM YKPN.

Mulyawan, S. (2015). Manajemen Keuangan. Bandung: CV PUSTAKA SETIA.

Munawir. (2016). Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty, Yogyakarta.

Setiawan, H. (2017). Analisis Du Pont Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Sektor Manufaktur Sub Sektor Properti Pada LQ 45 Dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) (Studi kasus PT. Alam Sutra Realty Tbk dan PT. Lippo Karawaci Tbk). Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Ibn Khaldun Bogor.

Suryabrata, S. (2015). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Syafri, S. H. (2015). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan cetakan ke 10. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Siami, a., budiharjo, & yudhawati, d. (2014). Peranan analisis rasio keuangan untuk menilai kinerja keuangan pada pt. Mustika ratu tbk. Tahun 2007-2011. Inovator: jurnal manajemen, 3(1). Https://doi.org/10.32832/inovator.v3i1.662

Downloads

Published

2019-03-01

How to Cite

Damayanti, L., Yudhawati, D., & Prasetyowati, R. A. (2019). Analisis Du Pont Untuk Mengukur Kinerja Keuangan Perusahaan. Inovator, 8(1), 52–68. https://doi.org/10.32832/inovator.v8i1.1842

Issue

Section

Artikel