Karakteristik Internal Pendengar Terhadap Kepuasan Siaran Talkshow Dinamika Bogor: Studi Kasus Pendengar Siaran Talkshow Dinamika Bogor Dengan Narasumber Narasumber UKM Bogor

Authors

  • Dewi Anggrayni Komunikasi Penyiaran Komunikasi Penyiaran Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Titing Suharti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/inovator.v9i2.3504

Keywords:

Kepuasan konsumen, Komunikasi bisnis, dan Radio media promosi UKM

Abstract

Penyiaran radio merupakan kekuatan utama media untuk berbagai kepentingan. Acara-acara yang ditawarkan penyiaran radio mencerminkan need and wants mengikuti trend terkini di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana siaran talkshow Dinamika Bogor yang melibatkan Usaha Kecil Mikro di Radio RRI Bogor mampu memberikan ruang interaktif kepada pelaku usaha kecil, dampak siaran tersebut terhadap kepuasan konsumen sehingga memberi impak kepada pemasaran produknya. Siaran dilakukan secara interaktif, dengan durasi 45 menit. Teknik analisis digunakan dengan deskriptif kualititatif. Hasil analisis menunjukkan siaran interaktif yang melibatkan pendengar yang dalam talkshow RRI lebih dikenali produknya di masyarakat Bogor. Sedangkan UKM yang belum bisa merespon pertanyaan pendengar dalam siaran tersebut lebih lambat pertumbuhan usahanya. Siaran talkshow UKM sangat membantu pihak UKM di Bogor untuk memperkenalkan usahanya kepada masyarakat. Penyiaran radio menjadi alat penting sebagai media periklanan. Radio menjadi salah satu media siaran yang sesuai untuk mempromosikan produk tertentu dengan cakupan yang lebih luas.

References

Andreani, F. (2007). Experiental Marketing (Sebuagh Pendekatan Pemasaran). Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(1), 1–8.

Chang, W. J. (2020). Experiential marketing, brand image and brand loyalty: a case study of Starbucks. British Food Journal. https://doi.org/10.1108/BFJ-01-2020-0014

Effendy, R. (2014). Program Siaran Interaktif (Talk Back Radio) Sebagai Ruang Publik Masyarakat Untuk Mengembangkan Demokrasi Lokal: Studi Pada Program ”Citra Publika” Radio Citra 87,9 Fm Kota Malang. Jurnal Komunikasi, 9(1), 1–16. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol9.iss1.art1

Ginting, A. P., Hubeis, M., & Fahma, F. (2019). Strategi Pengembangan UMKM Pangan Berdaya Saing di Kota Bandung. Manajemen IKM, 14(1), 1–7.

Hendrawan, A., Kuswantoro, F., & Sucahyawati, H. (2019). Dimensi Kreativitas dan Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM ). 2(1990), 25–36.

Husin, D., Wijaya, I., Dewi, N., & Hilmi. (2019). Promosi Produk Menggunakan Media Sosial Online Pada Para Pedagang Kecil Di Kota Lhokseumawe. Jurnal Vokasi, 3(1), 45–50.

Kennedy, E. J. (2004). Strategi Pemilihan Media, Visual, Dan Pesan Di Media Cetak, Elektronik, dan Outdoor Promotion. Manajerial, 2(4), 49–61.

Kusniadji, S. (2016). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods (Studi Kasus Pada PT Expand Berlian Mulia Di Semarang). Jurnal Komunikasi, 8(1), 83–98.

Mangifera, L., & Isa, M. (2018). Pengembangan Usaha Mikro Di Kabupaten Klaten Melalui Kegiatan Promosi Kerajianan Perca Batik. Urecol The 8th University Research Colloquium 2018 Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 194–197.

Mudzakir, M.F. (2013). Pengaruh Persepsi Komunikasi Interaktif Terhadap Niat Menghubungi Kembali Melalui Sikap Pendengar Acara Wawasan RAdio Suara Surabaya. Modernisasi. Vol. 9(1).

Mufid, M. (2005). Komunikasi dan Regulasi Penyiaran. Kencana Prenada Media Group, Jakarta

Purnama, I. K. E., Ariastita, P. G., Handayeni, K. D. M. E., Mardi, S., & Nugroho, S. (2018). Penerapan E-Commerce untuk Penguatan UMKM Berbasis Konsep One Village One Product di Kabupaten Karangasem. Segawati, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 85–90.

Purnama, R. (2020). Experiental Marketing Terhadap Customer Value dan Citra Serta Pembelian Ulang. 2020, 13(1), 7–15.

Putra, J. P., & Susana. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Program Di 98,7 Gen FM Jakarta. Jurnal Akrab Juara, 5(2), 304–313.

Rihartono, S. (2015). Strategi Pengelolaan Radio Siaran Di Tengah-Tengah Perkembangan Teknologi Internet. Jurnal Komunikasi Profrtik, 8(2), 51–64.

Rusdi, F. (2011). Strategi Komunikasi Pemasaran Program Interaktif di Media Radio. Jurnal ASPIKOM, 1(3), 245. https://doi.org/10.24329/aspikom.v1i3.23

Sedyastuti, K. (2018). Analisis Pemberdayaan UMKM dan Peningkatan Daya Saing Dalam Kancah Pasar Global. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 2(1), 117–127.

Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 6(1), 51–58.

Sulistiono, & Morita. (2010). Hubungan Strategi Promosi Dalam Pengembangan Bisnis Studi Kasus pada Waralaba Minuman Teh YourTEA. 42 Jurnal Ilmiah Kesatua, 12(1).

Triyaningsih, S. L. (2012). Strategi Pemasaran Usaha Kecil dan Menengah. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 12(1), 37–46.

Yesianda, M. A., Liliyana, & Indarsih, M. (2019). Strategi Komunikasi Tim Produksi Acara Music Di Virgin Radio 99,9 FM Dalam Meningkatkan Jumlah Pendengar. Jurnal Akrab Juara, 4(3), 1–11.

Downloads

Published

2020-10-12

How to Cite

Anggrayni, D., & Suharti, T. (2020). Karakteristik Internal Pendengar Terhadap Kepuasan Siaran Talkshow Dinamika Bogor: Studi Kasus Pendengar Siaran Talkshow Dinamika Bogor Dengan Narasumber Narasumber UKM Bogor. Inovator, 9(2), 85–89. https://doi.org/10.32832/inovator.v9i2.3504

Issue

Section

Artikel