Pengaruh Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB)

Authors

  • Adi Saputra Fakultas Ekonomi, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta
  • Kusuma Chandra Kirana Fakultas Ekonomi, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta
  • Epsilandri Septyarini Fakultas Ekonomi, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32832/inovator.v10i2.5954

Keywords:

Lingkugan Kerja, Motiva-si Kerja, Kepuasan Kerja, Organizational Citizenship Behavior (OCB).

Abstract

Keberhasilan suatu organisasi sangat terpengaruh oleh sumber daya manusia, karena hal tersebut merupakan faktor yang sangat penting dalam tercapainya tujuan dari suatu organisasi. Mengingat betapa pentingnya sumber daya manu-sia sebagian besar organisasi rela mengeluarkan modal yang besar agar mereka mempunyai SDM yang berkompeten di bidang masing-masing. Penilitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja, dan Kepuasan Kerja berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) Studi pada PT. BPR Bank Bantul (Perseroda). Populasi dalam penelitian ini merupakan semua karyawan tetap pada PT. BPR Bank Bantul (Perseroda). Sampel penelitian adalah 90 responden, dengan teknik sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh. Penelitian ini dil-akukan melalui pendekatan kuantitatif, dan diolah menggunakan IBM SPSS versi 25.0. Metode dalam pengumpulan data menggunakan metode angket, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda yang didukung dengan uji t dan uji f serta uji asumsi klasik diantaranya terdapat uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heterokedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingknngan kerja berpengaruh negatif terhadap OCB, motivasi krja berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB, dan kepuasan kerja berpengarh positif dan signifikan terhadap OCB. Serta secara simultan variabel lingkungan kerja, motivesi kerja, dan kepuasan kerja berpangaruh signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) di PT. BPR Bank Bantul (Perseroda).

References

Andhini, N. F. (2017). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior (Ocb) (Studi pada BMT Bina Ihsanul Fikri Yogyakarta). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Anisa, A. (2019). Pengaruh Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi dan Motivasi Kerja terhadap Organizational Citizenship

Behavior (Studi Empiris pada Karyawan Koperasi Tunas Harapan di Kabupaten Temanggung). In Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Magelang. http://eprintslib.ummgl.ac.id/1169/.

Gendro Wiyono. (2011). Merancang Penelitian Bisnis dengan alat analisis SPSS 17.0 & SmartPLS 2.0. Yogyakarta: STIM YKPN Yogyakarta.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IMB SPSS 23. Edisi ke-8 Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Huang, C.C., You, C.S. & Tsai, M.T. (2014). A Multidimensional Analysis Of Ethical Climate, Job Satisfaction, Organizational Commitment, And Organizational Citizenship Behaviors. Nursing Ethics. 19(4), pp:519-529.

Kasmir. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kirana, K. C., Prayekti & Hilyati (2018). Pengaruh Budaya Organisasi dan Pengembangan Karir terhadap Kinerja Karyawan Dengan Mediasi Kepuasan

Downloads

Published

2021-12-08

How to Cite

Saputra, A., Kirana, K. C., & Septyarini, E. (2021). Pengaruh Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB). Inovator, 10(2), 85–92. https://doi.org/10.32832/inovator.v10i2.5954

Issue

Section

Artikel