PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP PENGEM-BANGAN KARIER KARYAWAN PADA PT. PLN(PERSERO) ULP. KOTA BIMA RBK(RAYON BIMA KOTA)

Authors

  • Suci Rahmadani Progam Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima
  • Kartin Aprianti Progam Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima

DOI:

https://doi.org/10.32832/inovator.v10i2.5956

Keywords:

Pendidikan dan pelatihan, pengembangan karir, karyawan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengauh pendidikan dan pelatihan terhadap pengembangan karier karyawan pada PT.PLN (Persero) ULP.Kota Bima, Rayon Bima Kota. Populasi yang digunakan yaitu seluruh pegawai pada PT. PLN (Persero) Ulp. Kota Bima Rbk (Rayon Bima Kota) adalah sebanyak 46 orang dengan rincian pegawai tetap sebanyak 12 orang dan pegawai kontrak sebanyak 34 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah Sampling Purposive sesuai dengan kebutuhan peneliti yaitu jumlah sampelnya 34 orang pegawai kontrak sebagai responden dimana pegawai kontrak tersebut sudah pernah mengikuti program pendidikan dan pelatihan untuk pengembangan karirnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan dan pelatihan berpemgaruh terhadap pengembangan karier karyawan pada PT. PLN (Persero) ULP. Kota Bima Rbk (Rayon Bima Kota). Penelitian ini disarankan perlu memperhatikan karier para karyawan dan membimbing karyawan tersebut melalui pendidikan dan pelatihan secara berkala. hal ini dilakukan agar karyawan memiliki kualitas kerja yang baik di bidangnya masing-masing.

References

Andriyani, N.P.Dianti dan Utama, I.W.Mudiartha. 2017. Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Serta Pengalaman Terhadap Pengembangan Karir Pada PDAM Tirta Mangutama Kabupaten Badung. Jurnal manajmen Unud. 6(11)

Firmansyah, Andes. 2010. Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Pengembangan Karir Karyawan Pada Bank PD.BPR Sarimandu Bangkinang. UIN Sultan Syarif Kasim: Pekanbaru

Jayanti, Sagung Siskarini A.A. 2013. Pengaruh Prestasi kerja, Pendidikan, Pengalaman Kerja, Pengenalan dan Kesempatan Untuk Tumbuh Terhadap Pengembangan Karir Pegawai Negeri Sipil Pada Kantor Dinas Ketentraman Ketertiban dan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana. 9(2): 42-45.

Karnama, M.Mulya. 2016. Analisis pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap pengembangan karir pada sekolah staff dan pimpinan porli di Lembang Bandung. Jurnal namanejemen&Bisnis Kreatif. 1(2)

Muis, Mahlia. 2010. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengembangan Karir Karyawan Perbankan di Kota Makassar.Jurnal Aplikasi Manajemen, 7(9): 629-634.

Lingga, W. A. 2011. Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Negeri Sipil Dalam Pelayanan Publik (Studi Pada Badan Kepegawaian dan Pendidikan (BKPP) Kabupaten Aceh Timiang. Thesis. Pasca Sarjana pada Universitas Sumatera Utara, Medan.

Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sumadewi, N.P. Asri dan Suwanda, .G. Made. 2017.Pengaruh pengalaman kerja, pendidikan dan pelatihan terhadap pengembangan karir. Jurnal Manajemen Unud 6(9): 4070:4098

Downloads

Published

2021-12-08

How to Cite

Rahmadani, S., & Aprianti, K. (2021). PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP PENGEM-BANGAN KARIER KARYAWAN PADA PT. PLN(PERSERO) ULP. KOTA BIMA RBK(RAYON BIMA KOTA). Inovator, 10(2), 100–104. https://doi.org/10.32832/inovator.v10i2.5956

Issue

Section

Artikel