HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN DAN KEPEMIMPINAN DENGAN KINERJA (STUDI KASUS PADA BAGIAN FRONT OFFICE KANTOR KEHUTANAN DI KOTA BOGOR )

Authors

  • Rachmatulaily .
  • Dewi Sri Merdekawati

DOI:

https://doi.org/10.32832/inovator.v6i1.642

Abstract

Kinerja merupakan suatu penilaian terhadap perilaku individu yang didalamnya termasuk pengukuran tentang baik buruknya individu tersebut dalam menyelesaikan tugas atau pekerjaanya. Dengan demikian kinerja pegawai fornt office merupakan rekaman tentang hasil –hasil yang dilakukan pada suatu fungsi tugas atau kegiatan tertentu pada suatu ukuran kurun waktu tertentu pula, yang diukur sesuai dengan kegiatan tersebut. Kinerja sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya disiplin dan kepemimpinan yang diterapkan pada lingkungan tersebut.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara disiplin dengan kinerja, mengetahui hubungan antara kepemimpinan dengan kinerja dan hubungan antara disiplin dan kepemimpinan secara bersama - sama dengan kinerja. Hasil penelitian mengenai hubungan antara disiplin dan kepemimpinan terhadap kinerja menunjukkan bahwa (1) Variabel disiplin memberikan kontribusi terhadap kinerja sebesar 0,437 yang berarti hubungan tersebut sedang dan derajat determinatif atau tingkat pengaruh varibel bebas (disiplin) terhadap variabel terikat (kinerja) sebesar 19, 1 % dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain, (2) Variabel kepemimpinan memberikan kontribusi terhadap kinerja sebesar 0,557 yang berarti hubungan tersebut sedang dan derajat determinatif atau tingkat pengaruh varibel bebas (kepemimpinan) terhadap variabel terikat (kinerja) sebesar 31,1% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain, (3) Variabel disiplin dan kepemimpinan memberikan kontribusi terhadap kinerja sebesar 0,614 yang berarti hubungan tersebut sedang dan derajat determinatif atau tingkat pengaruh varibel bebas (disiplin) dan kepemimpinan secara bersama terhadap variabel terikat (kinerja) sebesar 37, 6 % dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Downloads

Published

2017-10-07

How to Cite

., R., & Merdekawati, D. S. (2017). HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN DAN KEPEMIMPINAN DENGAN KINERJA (STUDI KASUS PADA BAGIAN FRONT OFFICE KANTOR KEHUTANAN DI KOTA BOGOR ). Inovator, 6(1), 89–111. https://doi.org/10.32832/inovator.v6i1.642

Issue

Section

Artikel