ANALISIS ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DAN MARKET VALUE ADDED (MVA SEBAGAI ALAT UNTUK MENGUKUR KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PT.INDOFOOD SUKSES MAKMUR TBK.

Authors

  • Anesti Iswandira
  • Immas Nurhayati
  • Titing Suharti

DOI:

https://doi.org/10.32832/inovator.v4i1.648

Abstract

Laporan keuangan perusahaan pada umumnya terdiri dari neraca dan laporan laba rugi. Neraca menunjukkan suatu keadaan tertentu dan pada saat tertentu dari suatu perusahaan, sedangkan laporan laba rugi menggambarkan penghasilan, biaya, rugi atau laba yang diperoleh perusahaan pada periode tertentu. Dengan melakukan analisis terhadap laporan keuangan perusahaan, maka dapat diketahui kinerja keuangan perusahaan tersebut.
Adapun salah satu alat analisis yang digunakan untuk menganalisis laporan keuangan PT.Indofood Sukses Makmur Tbk. adalah Analisis EVA (Economic value Added) dan MVA (Market value Added). Menurut Tunggal (2001:1),”
Selain EVA (Economic Value Added) ada pendekatan lain yang digunakan untuk mengukur kinerja perusahan yang didasarkan pada nilai pasar. Perhitungan dengan nilai pasar tersebut dikenal sebagai MVA (Market Value added)
Dari hasil perhitungan kinerja keuangan PT.Indofood Sukses Makmur Tbk, dengan menggunakan metode EVA, maka EVA bernilai positif. Dengan EVA berarti bahwa perusahaan mampu menghasilkan nilai tambah ekonomis bagi pemegang saham dan investor. Hal tersebut menunjukan juga bahwa kinerja keuangan yang dilakukan sudah efektif dan efisien, manajemen mampu mengelola keuangan dengan baik walaupun tidak terlalu besar.

Downloads

Published

2015-10-09

How to Cite

Iswandira, A., Nurhayati, I., & Suharti, T. (2015). ANALISIS ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DAN MARKET VALUE ADDED (MVA SEBAGAI ALAT UNTUK MENGUKUR KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PT.INDOFOOD SUKSES MAKMUR TBK. Inovator, 4(1). https://doi.org/10.32832/inovator.v4i1.648

Issue

Section

Artikel