“ANALISIS CAMELS UNTUK MENGUKUR TINGKAT KESEHATAN PADA PT BANK NEGARA INDONESIA Tbk”

Authors

  • Vaina Hanin Salman
  • A. Mubarok
  • Diah Yudhawati

DOI:

https://doi.org/10.32832/inovator.v2i1.671

Abstract

Kesehatan atau kondisi keuangan bank merupakan kepentingan semua pihak terkait, baik pemilik, pengelola (manajemen) bank, masyarakat pengguna jasa bank. Bagi perbankan, hasil akhir penilaian kondisi bank tersebut dapat digunakan sebagai salah satu sarana dalam menetapkan strategi usaha di waktu yang akan datang sedangkan bagi Bank Indonesia, antara lain digunakan sebagai sarana penetapan dan implementasi strategi pengawasan bank. Penilalian tingkat kesehatan dilakukan dengan melakukan perhitungan data yang bersumber dari laporan keuangan.Data laporan keuangan tersebut digunakan untuk menghitung rasio keuangan.Rasio keuangan yang digunakan adalah CAR, NPA, ROA, ROE, NIM, BOPO dan LDR yang terdapat pada faktor – faktor CAMELS.
Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan PT Bank Negara Indonesia Tbk tahun 2007 sampai dengan tahun 2011. Dari hasil perhitungan analisis CAMELS bahwa PT Bank Negara Indonesia Tbk dari tahun 2007 sampai 2011 mendapatkan predikat sehat, hal ini berdampak pula pada tren untuk faktor-faktor CAMELS mengalami peningkatan, kecuali untuk nilai trend BOPO. Peramalan analisis CAMELS PT Bank Negara Indonesia Tbk dari tahun 2012 sampai 2014 akan diramalkan kondisi bank dalam keadaan sehat kecuali untuk faktor LDR.

Downloads

Published

2013-03-10

How to Cite

Salman, V. H., Mubarok, A., & Yudhawati, D. (2013). “ANALISIS CAMELS UNTUK MENGUKUR TINGKAT KESEHATAN PADA PT BANK NEGARA INDONESIA Tbk”. Inovator, 2(1). https://doi.org/10.32832/inovator.v2i1.671

Issue

Section

Artikel