ANALISIS RISIKO DAN RETURN SAHAM UNTUK MENENTUKAN PILIHAN BERINVESTASI PADA INDUSTRI TELEKOMUNIKASI INDONESIA DENGAN METODE CAPM (CAPITAL ASSETS PRICING MODEL)

Authors

  • Abdul Hudri
  • Immas Nurhayati
  • Leny Muniroh

DOI:

https://doi.org/10.32832/inovator.v2i2.673

Abstract

Investasi yang dilakukan oleh investor diasumsikan selalu didasarkan pada pertimbangan yang rasional sehingga berbagai jenis informasi diperlukan untuk pengambilan keputusan investasi.Dalam dunia yang sebenarnya hampir semua investasi mengandung unsur ketidakpastian atau risiko. Pemodal tidak mengetahui dengan pasti hasil yang akan diperoleh dari investasi yang dilakukan. Dengan demikian, pemodal akan menghadapi risiko dalam investasi yang akan dilakukannya. Dilihat dari besarnya tingkat keuntungan, risiko yang diperoleh di pasar modal lebih besar dibandingkan risiko di pasar uang karena risiko yang besar akan menghasilkan keuntungan yang besar, sedangkan risiko yang kecil akan menghasilkan keuntungan yang kecil pula (Jogiyanto: 2010). Untuk dapat meminimalkan risiko dalam investasi saham di pasar modal, pemodal dapat melakukan portofolio (diversifikasi) saham yaitu dengan melakukan investasi pada banyak saham sehingga risiko kerugian pada satu saham dapat ditutup dengan keuntungan pada saham yang lainnya. Untuk mengetahui saham mana yang memiliki tingkat keuntungan yang tinggi dengan risiko tertentu serta meminimalkan risiko tersebut dan pendekatan yang digunakan untuk menentukan risiko portofolio total adalah pendekatan Capital Asset Pricing Model (CAPM).

Downloads

Published

2013-09-10

How to Cite

Hudri, A., Nurhayati, I., & Muniroh, L. (2013). ANALISIS RISIKO DAN RETURN SAHAM UNTUK MENENTUKAN PILIHAN BERINVESTASI PADA INDUSTRI TELEKOMUNIKASI INDONESIA DENGAN METODE CAPM (CAPITAL ASSETS PRICING MODEL). Inovator, 2(2). https://doi.org/10.32832/inovator.v2i2.673

Issue

Section

Artikel