PENGARUH INSENTIF DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KREATIVITAS KARYAWAN

Authors

  • Muhamad Azis Firdaus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Rachmatullaily Tinakartika Rinda Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Anuraga Kusumah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Rio Ferdinan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/inovator.v11i1.6811

Keywords:

Insentif, kepuasan kerja, kreativitas karyawan.

Abstract

Sumber Daya Manusia ialah penggerak atau motor utama dalam menggapai tujuan kesuksesan perusahaan. Maka dari itu perusahaan menginginkan karyawannya mendapatkan kinerja yang sangat baik untuk mendapatkan kesuksesan perusahaan. Perusahaan atau intansi  harus  membuat peluang agar mendorong karyawan dapat  meningkatkan intensitas kinerjanya dan dapat menciptakan kreativitas kinerja yang sesuai dengan tujuan organisasi atau perusahaan. Tujuan dari pada penelitian ini ialah agar dapat menganalisa dan mengetahui Pengaruh variabel Insentif dan Kepuasan kerja Terhadap Kreatvitas karyawan. Dengan menggunakan metode penelitian pengumpulan data yaitu kuesioner. Model analisis data pada penelitian.ini yaitu analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik sensus, yaitu keseluruhan populasi dijadikan sampel. Hasil pada penelitian yang didapat menyimpulkan bahwa antara variabel insentif.dan variabel kepuasan kerja memiliki pengaruh.yang signifikan terhadap kreativitas karyawan baik dengan cara parsial ataupun simultan. Variabel yang lebih dominan terhadap kreativitas karyawan adalah variabel insentif. Sehingga untuk dapat mengoptimalkan kreativitas karyawan perlu ditingkatkan insentif dan kepuasan kerjanya.

References

A Abdullah, P. M. (2015). Living in the world that is fit for habitation : CCI's ecumenical and religious relationships. 331.

Afandi, L., Safaat, ST., M., & Parwita Setya Wardhani,Se., M. (2020). Pengaruh Motivasi, Kompensasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Dengan Memperhatikan Kepuasan Kerja Karyawan Pt. Fajar Putra Plasindo Pasuruan. Journal Manajemen Sumber Daya Manusia, 1689–1699.

Almeyanti, I. (n.d.). Pengaruh Insentif Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan ( Studi pada PT . PLN ( Persero ) Area Sumbawa Wilayah Sumbawa Besar , Nusa Tenggara Barat ). 1–16.

Badriyah, Mila.2015.Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : CV Pustaka Setia.

Cascio, Wayne F. (2013). Managing Human Resources. New York: The McGrawHill Companies.

CHR, Jimmy L, Gaol.2015. Human Capital Management Sumber Daya Manusia Konsep, Teori, Dan Pengembangan Dalam Konteks Organisasi Public Dan Bisnis. Jakarta : Penerbit PT Grasindo Anggota IKP.

Dahlan, Hasim, D., & Hamdan. (2017). Pengaruh Manajemen Sumber Daya Manusia dan Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Kantor Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Jurnal Administrare, 4(2), 69–75.

Dora, L. (2016). Gaya.kepemimpinan, insentif dan lingkungan kerja terhadap prestasi kerja pegawai. Jurnal Manajemen, 9(1), 58–70.

Edy Sutrisno. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan ke-8. Jakarta: Prenada Media Group.

Gaol L, Jimmy. 2014. A to Z Human Capital : Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Grasindo : Jakarta.

Ghozali,.Imam. 2011. "Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS (Universitas Diponegoro (ed.)).

Haedar, dkk. (2015). Pengaruh Pemberian Insentif terhadap Kinerja Karyawan PT. Suraco Jaya Abadi Motor di Masamba Kabupaten Luwu Utara. Jurnal Equilibrium. Vol 5. No 1.

Hasibuan, Malayu SP. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan keempatbelas, Jakarta ,Penerbit : Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu S.P. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara.

Mangkunegara, A. A. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakar.

Manullang, M (2013) Manajemen Sumber Daya Manusia. Ghalia Indonesia .Jakarta.

Munandar, Ashar S.2014. Psikologi Industri dan Organisasi. Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press). Jakarta.

Downloads

Published

2022-02-26

How to Cite

Firdaus, M. A., Rinda, R. T., Kusumah, A., & Ferdinan, R. (2022). PENGARUH INSENTIF DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KREATIVITAS KARYAWAN. Inovator, 11(1), 97–101. https://doi.org/10.32832/inovator.v11i1.6811