Analisa Faktor yang Mempengaruhi Purchase Intention di PT MPI Cikarang Indonesia

Authors

  • Christian Kuswibowo Manajemen Pemasaran Industri Elektronika Politeknik APP Jakarta
  • R. Dinda Azhar Afifah Manajemen Pemasaran Industri Elektronika Politeknik APP Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32832/inovator.v11i1.6830

Keywords:

Analisis faktor, Bauran Pemasaran, Keputusan pembelian, Multi Pratama Interbuana.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian komponen mobil pada PT Multi Pratama Interbuana Cikarang, Jawa Barat. Faktor-faktor yang digunakan dalam penelitian ini dibangun dari dimensi bauran pemasaran atau marketing mix yaitu Product, Price, Place dan Promotion. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis faktor dan analisis deskriptif melalui bantuan program statistik PASW Statistics 18. Metode penelitian ini menggunakan semua populasi karena hanya sebanyak 42 responden PT Multi Pratama Interbuana Cikarang, Bekasi, Jawa Barat yang memenuhi syarat sebagai populasi dan sampel. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer. Adapun setelah dilakukan penelitian didapatkanlah hasil bahwa factor-faktor yang membentuk keputusan pembelian pada PT Multi Pratama Interbuana Cikarang, Jawa Barat diantaranya adalah faktor Kesesuaian Harga, faktor Akses yang Mudah dan faktor Kualitas Produk.

References

Ansari Harahap, Dedy. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Di Pajak USU (PAJUS) Medan. Jurnal Keuangan dan Bisnis Vol. 7, No. 3.

Arikunto, Suharsimi. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rinek Cipta.

Dwi Koestanti, Erika dan Kaman Nainggolan. (2015). Faktor-Faktor Bauran Pemasaran, Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Untuk Membeli Produk Kosmetik Oriflame. Ecodemica, Vol III, No.2.

Hanum, Zubaidah dan Sahral Hidayat. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Sepatu Merek Nike Di Kota Medan. Jurnal Bisnis Manajemen: Volume 6, Nomor 01.

Jadmiko, P. (2018). Peran Penilaian Etis pada Pengaruh Religiusitas terhadap Perilaku Pembelian Ramah Lingkungan. Jurnal Manajemen Universitas Bung Hatta, 13(2), 25-30.

Karina S. Sumolang dan Silvya L. Mandey. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado Menggunakan Kartu Simpati Telkomsel. Jurnal EMBA Vol.6 No.1.Hal.261-270.

Kuswibowo, C., & Murti, A. K. (2021). Analisis Pengaruh Brand Image, Promotion, Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli Pada Aplikasi Online Shop. Jurnal Manajemen Industri dan Logistik, 5(1), 53-61.

Nur Rohman, Faris dan Hendri Hermawan Adinugraha. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Pada Swalayan Mikro Di Kota Semarang. Media Trend 13. Hal 68-81.

Mahliza, F., Nugroho, L., & Putra, Y. M. (2021, February). The Effect of E-WOM, Brand Trust, and Brand Ambassador on Purchase Decisions at Tokopedia Online Shopping Site. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 1071, No. 1, p. 012017). IOP Publishing.

Pramulanto, Himawan. (2018). Pengaruh Atribut Produk dan Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Electroplating Part di PT. Mitrametal Perkasa). Jurnal Lentera Bisnis Vol.7 No.1.

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Saputra, Deni. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Baut Dalam B2B (Studi Kasus PT. Komoda Indonesia).

Suryana, Popo dan Eliyandi Sumar Dasuki. (2013). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian dan Implikasinya pada Minat Beli Ulang. Volume 12, No. 2, Desember 2013, Hal. 190–200.

Tjiptono, Fandy dan Diana Anastasia. (2020). Pemasaran. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Widokarti, Joko Rizkie dan Priansa, Donni Juni. (2019). Konsumen, Pemasaran, Komunikasi, Kontemporer. Bandung: CV Pustaka Setia.

Downloads

Published

2022-02-26

How to Cite

Kuswibowo, C., & Afifah, R. D. A. (2022). Analisa Faktor yang Mempengaruhi Purchase Intention di PT MPI Cikarang Indonesia. Inovator, 11(1), 1–13. https://doi.org/10.32832/inovator.v11i1.6830