Pengaruh Citra Merek, Positive Word Of Mouth, dan Promosi Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Dessert Box

Authors

  • Desya Natalia Harmadi Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Stikubank
  • Alimuddin Rizal Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Stikubank

DOI:

https://doi.org/10.32832/inovator.v11i1.6833

Keywords:

Citra Merek, Positive Word Of Mouth, Promosi Media Sosial, Keputusan Pembelian.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh citra merek, positive word of mouth, dan promosi media sosial terhadap keputusan pembelian dessert box studi ini dilakukan kepada konsumen Kamei Kitchen Semarang. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel metode purposive sampling dengan kriteria orang yang pernah membeli dan mengonsumsi dessert box Kamei Kitchen Semarang. Jumlah responden yang ditentukan untuk penelitian ini sebanyak 95 orang. Dengan dibantu program statistika SPSS versi 25.0 dapat diketahui hubungan antar variabel menggunakan analisis regresi linier berganda.Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa, yang pertama meskipun variabel citra merek memiliki nilai koefisien regresi positif tetapi variabel ini tidak signifikan mempengaruhi keputusan pembelian, kedua variabel positive word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, ketiga variabel promosi media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

References

Aaker, D. (1997). Manajemen Ekuitas Merek. Spektrum Mitra Utama.

Aliftsa Ibrahim, A. L. Y. (2017). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Waroeng Steak And Shake Jln. Banteng No. 14 Bandung). 4(1), 82–90.

Bakhtiar dkk. (2020). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Di Toko Nindy Pernak Pernik Pangkalan Bun. Magenta, 8(2), 87–92.

Belch, G. E. B. M. A. (2009). Advertising and Promotion : An Integrated Marketing Communication Perpective (8th Editio). McGraw-Hill Companies.

Black, J. F. H. J. W. C., & Anderson, B. J. B. R. E. (2014). Multivariate Data Analysis. Pearson New International Edition.

Brown, T. J., Barry, T. E., Dacin, P. A., & Gunst, R. F. (2005). Spreading the word: Investigating antecedents of consumers' positive word-of-mouth intentions and behaviors in a retailing context. Journal of the Academy of Marketing Science, 33(2), 123–138. https://doi.org/10.1177/0092070304268417

Ekawatiningsih, P., Komariah, K., & Purwanti, S. (2008). Restoran.

Fatmawati, N., & Soliha, E. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic "Honda.” Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan | Journal of Theory and Applied Management, 10(1), 1. https://doi.org/10.20473/jmtt.v10i1.5134

Ferdinand. (2002). Penelitian Manajemen : Pedoman penelitian untuk Skripsi, Tesis, dan Desertasi Ilmu Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gisslen, W. (2013). Professional Baking 6th Edition.

Goyette I., Ricard, L., J., B., & F., M. (2010). e"WOM Scale: word"of"mouth measurement scale for e"services context. Canadian Journal of Administrative Sciences/Revue Canadienne Des Sciences de l'Administration, 27(1), 5–23.

Hanaysha, J. R. (2018). An examination of the factors affecting consumer's purchase decision in the Malaysian retail market. PSU Research Review, 2(1), 7–23. https://doi.org/10.1108/prr-08-2017-0034

Hasan, A. (2010). Marketing dari Mulut ke Mulut. Media Pressindo.

Hasan, A. (2013). Marketing dan Kasus-kasus Pilihan. PT Buku Seru.

Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Erlangga.

Indriantoro, N. and B. S. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen (Edisi 1). BPF.

Ismayani, Y. (2008). Tiramisu Ala Cake Shop Favorit. In PT Gramedia Pustaka Utama.

Keller, K. dan. (2009). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Erlangga.

Keller, K. L. (1993). Conceptualizing, Measuring, and Managing Customer-Based Brand Equity. Journal of Marketing.

Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management ; Building, Measuring, and Managing Brand Equity. Pearson Education Inc.

Keller, P. K. dan K. L. (2007). Manajemen Pemasaran (Edisi Kedu). PT. Indeks.

Khorik Atul Aliyah. (2017). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Viral Marketing Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Konsumen Sfa Steak & Resto Karanganyar).

Kotler, P. & G. A. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Edisi 13). Erlangga.

Kotler, P. & G. A. (2014). Principle Of Marketing. Pearson Pretice Hall.

Lo, S. C. (2012). Consumer Decisions: the Effect of Word-of-Mouth. International Journal of Organizational Innovation (Online), 4(3), 188–196. http://search.proquest.com/docview/921995109?accountid=8144%5Cnhttp://sfx.aub.aau.dk/sfxaub?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info:ofi/fmt:kev:mtx:journal&genre=article&sid=ProQ:ProQ:abiglobal&atitle=Consumer+Decisions:+The+Effect+Of+Word-Of-Mouth&Title=Int

Malardy, M. A., & Sari, D. (2015). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Konsumen Siete Cafe & Garden Bandung). Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 2(2), 1–8.

Neti, M. S. (2011). Social Media and Its Role in Marketing. Business and Economics Journal, 01(02). https://doi.org/10.4172/2151-6219.1000203

Nisrina. (2015). Bisnis Online Manfaat Media Sosial Dalam Meraup Uang. Kobis.

Pamungkas, B. A. (2016). Pengaruh Promosi Di Media Sosial Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Kedai Bontacos, Jombang). Jurnal Komunikasi, 10(2), 145. https://doi.org/10.21107/ilkom.v10i2.2518

Priambodo, G., & Subyanto, M. (2017). Peran Komunikasi Word of Mouth Tradisional Dan Elektronic Word of Mouth Terhadap Merek. Jurnal Komunikologi, 14(1), 8–17.

Putra, D. N. E. (2015). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Café Roti Gempol Dan Kopi. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 758–763.

Rasyid, R. A., Moniharapon, S., Trang, I., Manajemen, J., Sam, U., & Manado, R. (2018). Pengaruh Strategi Promosi Melalui Social Media, Kualitas Layanan dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Pada PT. Sinar Galesong Mandiri Malalayang Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 3933–3942. https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21918

Riva'i, Alimuddin. Rizal. (2009). Kekuatan Memaksa Dalam Pemasaran Relasional Dan Dampaknya Pada Strategic Marketing Outcomes (Studi Empirik pada Industri Pariwisata di Indonesia). Disertasi, Universitas Diponegoro.

Rusmini, W., Hastuti, P., & Hudayah, T. E. (2016). Guru Pembelajar Modul Paket Keahlian Jasa Boga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bisnis dan Pariwisata Direktorat Jenderal Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Jakarta : Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Sari Dewi, L. G. P., Edyanto, N., & Siagian, H. (2020). The Effect of Brand Ambassador, Brand Image, and Brand Awareness on Purchase Decision of Pantene Shampoo in Surabaya, Indonesia. SHS Web of Conferences, 76, 01023. https://doi.org/10.1051/shsconf/20207601023

Sari, F. P., & Yuniati, T. (2016). Pengaruh Harga Citra Merek dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(6), 1–15. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/746/756

Schiffman, L. dan K. (2014). Perilaku Konsumen. Indeks.

Sengkey, C. S., & Wenas, R. S. (2015). Analysis of Brand Image, Store Atmosphere and Psychology on Purchasing Decision At Time Out Sport Cafe IT Center Manado. Jurnal EMBA, 3(1), 1162–1172.

Sitorus, R. (2015). Gelato dan Sorbetto Booming, Tukang Es Krim Muncul di Pasar Santa. Bisnis.Com. https://entrepreneur.bisnis.com/read/20150826/263/465972/gelato-sorbetto-booming-tukang-es-krim-muncul-di-pasar-santa

Solis, B. (2010). Engage: The Complete Guide for Brands and Business to Build,Cultivate, and Measure Success in the New Web. John Wiley & Sons Inc.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta.

Supranto, N. L. (2011). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran (Edisi kedua). Mitra Wacana Media.

Suryani, T. (2013). Perilaku Konsumen di Era Internet. Implikasinya pada Strategi Pemasaran. Graha Ilmu.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Bisnis Pemasaran. Andi.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan dan Penelitian (C. ANDI (ed.)).

Wenats, A. E. (2012). Integrated Marketing Communications : Komunikasi Pemasaran di Indonesia. Gramedia Pustaka Utama.

Wenda Rumondor, P., Tumbel, A. L., J Ogi, I. W., Ekonomi Dan Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado, F., Kunci, K., & Produk, K. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Kopi Dan Mie Toronata Di Kawangkoan the Effect of Quality Products, Price, and Word of Mouth on the Decision To Purchase on Rumah Kopi Dan Mie Toronata Di Kawangkoa. 5(2), 1102–1112.

WOMMA. (2007). An introduction to WOM Marketing.

Yaninda, E. (2015). Pakaroti Bakers One Stop Solution.

Zarrella, D. (2010). The social media marketing book.

Downloads

Published

2022-02-26

How to Cite

Harmadi, D. N., & Rizal, A. (2022). Pengaruh Citra Merek, Positive Word Of Mouth, dan Promosi Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Dessert Box. Inovator, 11(1), 26–34. https://doi.org/10.32832/inovator.v11i1.6833