Analisis Implementasi Nilai-nilai Islam dan Islamic Marketing Mix Studi kasus di Lor Internasional Hotel Syariah Solo

Authors

  • Dhika Amalia Kurniawan Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Universitas Darussalam Gontor Ponorogo
  • Rizqa Nuzul Ramadhan Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Universitas Darussalam Gontor Ponorogo
  • Muhammad Ridlo Zarkasy Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Universitas Darussalam Gontor Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.32832/inovator.v11i1.6834

Keywords:

nilai-nilai islam, Islamic marketing mix, hotel syariah solo.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Lor Internasional hotel syariah solo menerapkan nilai-nilai islam dan Islamic marketing mix. Penerapan nilai-nilai islam dan Islamic marketing mix mulai ramai diterapkan oleh pelaku bisnis muslim, karena umat muslim mulai menyadari akan pentingnya hotel yang berbasis syariah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti pembunuhan, narkoba, transaksi gelap dan perzinahan. Pendekatan dalam penelitian ini mengunakan deskriptif kualitatif, pengumpulan data dengan observasi di hotel syariah Solo, dan melakukan wawancara kepada para karyawan, konsumen, dan serta melakukan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lor internasional hotel syariah solo telah menerapkan nilai-nilai islam berupa nilai-nilai tauhid, khilafah, ibadah, dan ihsan yang telah terimplementasikan. Serta telah memenuhi Islamic marketing mix yang mencakup produk, harga, promosi, tempat, people, proses dan bukti fisik yang telah terimplementasikan, namun belum memenuhi syarat penerapan Islamic marketing mix pada Islamic price (harga) dan Islamic promotion (promosi), karena penerapan Islamic price di hotel syariah Solo masih ada harga yang kurang transparan dan penerapan Islamic promotion di hotel Syariah Solo masih ada yang menyesatkan. Oleh karena itu Lor internasional hotel syariah solo harus mempertahankan nilai-nilai islam yang telah diterapkan ini, serta memperbaiki Islamic marketing mix yang belum diterapkan dengan baik agar bertahan dalam jangkan Panjang dan terus berkembang.

References

Aziz, Abdul. 2013. Etika Bisnis Perspektif Islam: (Implementasi Etika Islami untuk Dunia Usaha). Alfabeta. Bandung.

Alom, Mahabub. Md. Shariful Haque, 2011. Marketing an Islamic Perspective. World Journal of Social Sciences.

Birusman Nuryadin, Muhammad. 2007. Harga dalam Perspektif Islam. Jurnal Madzahib.

Chabib Thoha, Muhammad. 1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Pustaka pelajar. Yogyakarta.

Fayasqi, Khoirul. 2016. Penerapan Nilai-Nilai Etika Bisnis Islam di Hotel Namira Syariah Pekalongan. Skripsi diterbitkan. Pekalongan: STAINPekalongan.

Ghani, M. Djunaidi. Fauzan Al Manshur. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Penerbit Ar-Ruzz Media. Yogyakarta.

Hariadi, Doni. 2012. Pengaruh Produk, Harga, Promosi, dan Distribusi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Projector Microvision. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen.

Harahap, Dendy Ansari. 2015. Analisis Faktor yang mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen di Pajak USU (PAJUS) Medan, Jurnal Keuangan dan Bisnis.

Mujiatun, Siti. Asmuni. 2013. Bisnis syariah. Perdana publishing. Medan.

Mujib, Abdul. Muhaimain. 1993. Pemikiran Pendidikan Islam. Trigenda Karya. Bandung.

Downloads

Published

2022-02-26

How to Cite

Kurniawan, D. A., Ramadhan, R. N., & Zarkasy, M. R. (2022). Analisis Implementasi Nilai-nilai Islam dan Islamic Marketing Mix Studi kasus di Lor Internasional Hotel Syariah Solo. Inovator, 11(1), 14–27. https://doi.org/10.32832/inovator.v11i1.6834