Pengaruh Efektifitas Promosi Terhadap Niat Beli Konsumen Produk Skincare Erto's Beauty Care Melalui Media Sosial Tiktok

Authors

  • Farida Farida Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sahid
  • Antika Anggraeni Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sahid

DOI:

https://doi.org/10.32832/inovator.v11i1.6836

Keywords:

Tiktok, Niat beli, Erto's Beauty Care

Abstract

Keputusan Pemerintah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada bulan April tahun 2020 berdampak luas dalam proses produksi, distribusi, dan kegiatan operasional lainnya sehingga mengubah pola konsumsi konsumen untuk bertransaksi secara online. Erto's Beauty Care memanfaatkan media sosial aplikasi TikTok dalam kegiatan promosi untuk menunjang bisnisnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh efektifitas promosi terhadap niat beli konsumen produk Erto's Beauty Care menggunaan aplikasi TikTok. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana didapat hasil koefisien regresi tersebut bernilai angka positif yang berarti arah variabel X dan Y positif yaitu jika efektifitas promosi di aplikasi TikTok semakin tinggi maka semakin tinggi juga niat beli konsumen pada produk Erto's Beauty Care. Dari hasil uji parsial atau uji t ini maka dapat diambil kesimpulan bahwa efektifitas promosi berpengaruh terhadap niat beli konsumen pada produk Erto's Beauty Care.

References

Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.

Augusty Ferdinand. (2016). Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. Universitas Diponegoro.

Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65–71. https://doi.org/10.31294/khi.v12i1.10132

Hisyamsyah, A. J., Sularsi, A., & Suryaningsih, I. B. (2016). Analisis Efektivitas Iklan Online Terhadap Minat Beli Konsumen Murah Grosir.

Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25–32. https://doi.org/10.24123/jbt.v1i01.296

Indrawati, K. A. P., Suadiarti, I. N., & Suardana, I. W. (2017). Efektivitas Iklan Melalui Media Sosial Facebook Dan Instagram Sebagai Salah Satu Strategi Pemasaran Di Krisna Oleh – Oleh Khas Bali.

Jayantari, I. A. A. U., & Seminari, N. K. (2018). Peran Kepercayaan Memediasi Persepsi Risiko Terhadap Niat Menggunakan Mandiri Mobile Banking Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(5), 2621. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v07.i05.p13

Kotler, P., & A. (2015). Marketing Management 15 Global Edition. Pearson.

Kotler, P., & A. (2017). "Principles of Marketing” (Edisi 14 (). Prentice Hall.

Latifah Annisa Putri. (2021). Pengaruh Strategi Promosi Penggunaan Aplokasi Tik-Tok Terhadap Minat Beli Konsumen pada Perusahaan Good Ponsel di Bali [UNPAS]. http://repository.unpas.ac.id/53691/

M. Anang Firmansyah. (2019). Komunikasi Pemasaran (T. Q. Media (ed.)). Qiara Media. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=ZHrtDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=Bauran+Komunikasi+pemasaran&ots=0LvmTZe3g-#v=onepage&q=Bauran Komunikasi pemasaran&f=false

Miller, D. (2020). Social Media Marketing. Amazon Kindle Store. https://www.amazon.com/Social-Media-Marketing-books-one%0Aebook/dp/B08FDX1L2Q?asin=B08FDX1L2Q&revisionId=51531f73&format=1&depth=1%0A

Nasrullah, Rulli. (2017). Media Sosial. Simbiosa Rekatama Media.

Oktaheriyani, D., Wafa, M. A., & Shadiqien, S. (2020). Analisis Perilaku Komunikasi Pengguna Media Sosial TikTok.

Perusahaan Riset Aplikasi Sensor Tower. (2020a). Indonesia Sumbang Angka Unduhan TikTok Terbanyak di Dunia. KOMPAS.Com, 1. https://tekno.kompas.com/read/2020/09/11/15010037/indonesia-sumbang-angka-unduhan-tiktok-terbanyak-di-dunia

Purwanto, A. (2021). Ekonomi Indonesia pada Masa Pandemi Covid-19: Potret dan Strategi Pemulihan 2020-2021. Kompaspedia. https://kompaspedia.kompas.id/baca/paparan-topik/ekonomi-indonesia-pada-masa-pandemi-covid-19-potret-dan-strategi-pemulihan-2020-2021

Puthud Wijanarko, Suharyono, & Z. (2016). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Citra Merek dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei kepada Pengunjung Warung Kopi Kriwul, Kelurahan Merjosari, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang yang Pernah Melihat Iklan dan Membeli TOP Coffee).

Ria Ayu Oktavia. (2021). Pemanfaatan Digital Content Media Sosial TikTok Dalam Proses Pemasaran Produk.

Sebayang Aloysa, Della. (2018). Efektivitas Media Sosial Sebagai Sarana Promosi "Molen Arab.” Sumatera Utara.

Subarkah, A. R. (2018). Pengaruh Testimoni Dan Selebgram Endorsemen Terhadap Minat Pembelian Pada Online Shop Melalui Media Sosial Instagram Mahasiswa Fakultas IAIN Ponorogo.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Suryani, T. (2013). Perilaku Konsumen di Era Internet. Graha Ilmu.

Suryani, Tatik. (2013). Perilaku Konsumen di Era Internet. Graha Ilmu.

TIM APJII. (2019). Survei APJII yang Ditunggu-tunggu, Penetrasi Internet Indonesia 2018. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia APJII. https://apjii.or.id/downfile/file/BULETINAPJIIEDISI40Mei2019.pdf

Ujang Sumarwan. (2014). Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia.

Vina Anggita. (2021). Produk Lokal Pimpin Penjualan Serum Wajah. SWA - Trends, 1. https://swa.co.id/swa/trends/produk-lokal-pimpin-penjualan-serum-wajah

Downloads

Published

2022-02-26

How to Cite

Farida, F., & Anggraeni, A. (2022). Pengaruh Efektifitas Promosi Terhadap Niat Beli Konsumen Produk Skincare Erto’s Beauty Care Melalui Media Sosial Tiktok. Inovator, 11(1), 129–144. https://doi.org/10.32832/inovator.v11i1.6836