Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen

Authors

  • Leny Muniroh Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Ecin Kuraesin Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Hannisa Rahmaniar Hasnin Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Fikri Al Mukharam Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/inovator.v11i1.6837

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, Lokasi

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan lokasi terhadap kepuasan konsumen pada Layanan Drive Thru McDonald's Semplak, Bogor. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei menggunakan data primer yang didapat dari hasil penyebaran kuisioner kepada 100 orang pengunjung Mcdonald's Semplak, Bogor. Prosedur penarikan sampel menggunakan convenience simple random sampling. Hasil analisis penelitian menggunakan SPSS versi 20 dengan hasil analisis sebagai berikut Y = 9.576 + 0.405 X1 + 0.340 X2. Ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Didukung dengan kofesien determinasi sebesar 0.732. Nilai Fhitung > Ftabel (55.918 > 3.09) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variable kualitas pelayanan dan lokasi secara simultan terhadap kepuasan konsumen pada Layanan Drive Thru McDonald's Semplak, Bogor.

References

Badan Pusat Statistik. 2018. "Jumlah Penduduk Kota Bogor.” Diambil 13 Januari 2020 (Https://Bogorkota.Bps.Go.Id/Statictable/2018/10/01/183/Jumlah-Penduduk-Dan-Laju-Pertumbuhan-Penduduk-Menurut-Kecamatan-Di-Kota-Bogor-2010-2016-Dan-2017.Html).

Churchill , Jr., Gilbert A. 2005. Dasar-Dasar Riset Pemasaran. Edisi 4, Jilid 2. 2 Ed. Jakarta: Erlangga.

Harinaldi. 2005. Prinsip Statistik Untuk Teknik & Sains. Erlangga.

Hs, Widjono. 2007. Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Di Perguruan Tinggi (Revisi). Grasindo.

Mandey, Jilly Bernadette. 2013. "Promosi, Distribusi, Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Surya Promild.” Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 1(4). Doi: 10.35794/Emba.V1i4.2577.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2022-02-26

How to Cite

Muniroh, L., Kuraesin, E., Hasnin, H. R., & Mukharam, F. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen. Inovator, 11(1), 89–96. https://doi.org/10.32832/inovator.v11i1.6837