Analisa Kompartif Volume Penjualan Kendaraan Baru Sebelum Dan Sesudah Diterapkan Insentif Pajak PPnBM Periode Januari – Mei 2021

Authors

  • Soejarwati Soejarwati Pasca Sarjana, Universitas Ibn Khaldun, Bogor, Indonesia
  • Indupurnahayu Indupurnahayu Pasca Sarjana, Universitas Ibn Khaldun, Bogor, Indonesia
  • Renea Shinta Aminda Pasca Sarjana, Universitas Ibn Khaldun, Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32832/inovator.v11i1.6849

Keywords:

Analisis Komparatif, one sample Kolmogorof-smirnov, t-tabel, PPnBM

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan volume penjualan kendaraan baru dari sektor industri otomotif sebelum dan sesudah dilakukannya kebijakan isentif PPnBM terhadap kendaraa baru. Metode penelitian yang dipakai adalah uji normalitas data metode satu sampel Kolmogorof-smirnov dan uji analisis hipotesis secara parsial menggunakan uji analisis t hitung yaitu membandingkan antara t-hitung (t stat) dengan t table. Jika t hitung > t tabel pada taraf nyata yang telah ditentukan maka disimpulkan variabel independent berpengaruh secara signifikan. Berdasarkan hasil perhitungan pada uji normalitas data dapat disimpulkan bahwa data terdistribusi normal secara parsial dan uji analisis hipotesis dengan t hitung dihasilkan data bahwa variable independent tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perubahan sebelum dan sesudah penerapan insentif PPnBM kendaraan baru.

References

Arifin, S. B. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan Di KPP Pratama Medan Belawan. STIE HArapan Medan.

Arifin, S. B., & Syafii, I. (2019). PENERAPAN E-FILING, E-BILLING DAN PEMERIKSAAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KPP PRATAMA MEDAN POLONIA. JURNAL AKUNTANSI DAN BISNIS : Jurnal Program Studi Akuntansi, 5(1), 9. https://doi.org/10.31289/jab.v5i1.1979

Pajak Penjualan Atas Barang Mewah Atas Penyerahan Barang Kena Pajak Yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor Tertentu Yang Ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2021, (2021). https://jdih.kemenkeu.go.id/in/page/dokumen-peraturan/f7399e2b-a114-4357-ee81-08d8da4573fe

Nazir, M. (2005). Metode penelitian. Bogor : Ghalia Indonesia. http://opac.library.um.ac.id/oaipmh/../index.php?s_data=bp_buku&s_field=0&mod=b&cat=3&id=29983

Undang-undang (UU) tentang Perubahan Ketiga Atas Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1983 tentang Pajak Pertambahan Nilai Barang dan Jasa dan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah, (2009). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/38787/uu-no-42-tahun-2009

Raja, A. (2014). Analisis Pengaruh Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) Terhadap Daya Beli Konsumen Pada Kendaraan Bermotor (Studi Empiris Pada Konsumen Kendaraan Bermotor Roda Empat di Wilayah Kota Tanjungpinang) [Universitas Maritim Ali Haji]. http://repository.maranatha.edu/24149/9/1351134_References.pdf

Undang-undang (UU) tentang Perubahan Ketiga atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan, (2008). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/39916/uu-no-28-tahun-2007

Sambur, N. C. P. (2015). Analisis Pengaruh Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) Terhadap Daya Beli Konsumen Kendaraan Bermotor. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(5). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/view/9730

Sugiyono., & Nuryanto, A. (1999). Metode penelitian bisnis. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. http://opac.library.um.ac.id/oaipmh/../index.php?s_data=bp_buku&s_field=0&mod=b&cat=3&id=43665

Downloads

Published

2022-02-26

How to Cite

Soejarwati, S., Indupurnahayu, I., & Aminda, R. S. (2022). Analisa Kompartif Volume Penjualan Kendaraan Baru Sebelum Dan Sesudah Diterapkan Insentif Pajak PPnBM Periode Januari – Mei 2021. Inovator, 11(1), 68–79. https://doi.org/10.32832/inovator.v11i1.6849