Analisis Kualitas Pelayanan Jasa Pengiriman Paket Pada Keputusan Penggunaan Layanan Pos

Authors

  • Aida Nurhaliza Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan, Bogor
  • Oktori Kiswati Zaini Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan, Bogor
  • Doni Wihartika Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan, Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/inovator.v11i1.6910

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Keputusan Penggunaan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan pada PT. Pos Indonesia Kantor Cabang Cibinong dan keputusan penggunaan jasa pengiriman paket yang dilakukan oleh pelanggan PT. Pos Indonesia Kantor Cabang Cibinong. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif eksploratif. Penelitian ini menggunakan data primer yang bersifat kualitatif dan data sekunder yang bersifat kuantitatif. Penentuan sampel menggunakan metode accidential sampling. Metode analisis yang digunakan yaitu metode analisis deskriptif dengan menggunakan aplikasi SPSS 22. Selanjutnya menggunakan analisis tabulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan oleh PT. Pos Indonesia kantor cabang Cibinong sudah di rasa baik, namun untuk kehandalan dalam ketepatan waktu pengiriman paket masih di rasa kurang karena menghasilkan 70,20% dan hasil tersebut sangat kecil jika dibandingkan dengan pernyataan lainnya, kemudian pelanggan memutuskan menggunakan jasa pengiriman paket pada PT. Pos Indonesia kantor cabang Cibinong karena pilihan penyalur mengenai lokasi dan kemudahan mengaskses informasi paket.

References

Firmansyah, M Anang. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Penerbit DEEPUBLISH.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2015). Principles of Marketing. (15e Global Edition). Pearson.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management. (15e Global Edition.) Pearson.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Tjiptono, Fandy, dan Gregorius Chandra. (2019). Service, Quality & Customer Satisfaction. (Edisi lima). Yogyakarta : Penerbit ANDI

Trisliatanto, Agung, Dimas. (2019). Metodologi Penelitian (Panduan Lengkap Penelitian dengan Mudah). Surabaya: Penerbit ANDI

Prabowo, Widyantoro, Yudha, Apriatni, dan Prabawani, Bulan (2015), Pengaruh Citra Perusahaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Pengiriman Paket PT. Pos Indonesia (Studi Pada Kantor Pos Johar Kota Semarang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Diponegoro (Administrasi Bisnis). Tersedia di : https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/ijab/article/view/8329(Diakses pada 03 September 2020)

Rohman, Altofu dan H, Andhita, Aglis (2017). Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pengguna Jasa Pengiriman (Studi Kasus pada Pengguna jasa JNE Express Across Nations cabang Nganjuk). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas PGRI Madiun. Vol.1. Tersedia di : https://e-journal.unipma.ac.id/index.php/capital/article/view/2133(Diakses pada 05 November 2020)

Wahyuni, Dwi (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan dan World Of Mouth Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa (Studi pada Pengguna JNE di Kebumen). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen STIE Putra Bangsa Kebumen. Tersedia di : https://lib.stiebangsa.ac.id/repository/145501667.pdf(Diakses pada 05 November 2020)

Indah, Milasari, Nurlina (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Pengiriman Barang PT. Citra Van Titipan Kilat Kota Langsa. Jurnal Samudra Ekonomika. Vol.3, No.1. Tersedia di : https://www.ejurnalunsam.id/index.php/jse/article/view/1292(Diakses pada 09 September 2020)

Perdana, Ferdy Irawan dan Imam Hidayat (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa PT. Pos Indonesia Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol.8, No.7. Tersedia di : https://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/2313(Diakses pada 03 September 2020)

Wahyuni, Retno Candra dan Handojo Djoko Waloejo. (2020). Pengaruh Kualitas Pela-yanan, Harga, dan Citra Perusahaan Ter-hadap Keputusan Penggunaan Jasa PT. Pos Indonesia (PERSERO) Kantor Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. Tersedia di : https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/26438(Diakses pada 18 Desember 2020)

Downloads

Published

2022-02-20

How to Cite

Nurhaliza, A., Zaini, O. K., & Wihartika, D. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Jasa Pengiriman Paket Pada Keputusan Penggunaan Layanan Pos. Inovator, 11(1), 265–274. https://doi.org/10.32832/inovator.v11i1.6910