Perilaku Konsumen Berbelanja Online Produk UMKM Selama Pandemi Covid-19 di moderasi oleh Kehalalan Produk

Authors

  • Eko Marganus Magister Manajemen Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Popy Novita Pasaribu Magister Manajemen Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/inovator.v11i2.7188

Keywords:

Perilaku Konsumen, Covid19, Halal, UMKM, Motif.

Abstract

"Abstraksi
The Covid-19 pandemic has caused restrictions on activities and interacting with the community, especially in an effort to fulfill the needs of household life, it is no longer easy to get necessities by shopping at shopping centers, so that it also affects people's behavior in shopping for necessities of life. As many as 419 respondents were used as objects in this study, data collection was carried out by distributing questionnaires through google form, using instrument test, multiple linear analysis, t test, F test and Moderated Regression Analysis (MRA) test as an analytical technique. In this study, it is known that halal strengthens the external subject norm and weakens the internal subject norm in influencing consumer behavior in online shopping for UMKM products..
Abstract
Pandemi Covid-19 menyebabkan terjadinya pembatasan beraktivitas dan berinteraksi masyarakat, khususnya dalam upaya pemenuhan kebutuhan hidup rumah tangga, tidak lagi mudah mendapatkan kebutuhan dengan berbelanja di pusat perbelanjaan, sehingga berpengaruh pula pada perilaku orang dalam berbelanja kebutuhan hidup. Sebanyak 419 responden dijadikan objek dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner melalu google form, menggunakan uji instrumen, analisis linier berganda, uji t, uji F dan uji Moderated Regression Analysis (MRA) sebagai teknik analisis. Dalam penelitian ini diketahui bahwa kehalalan memperkuat external subject norm dan memperlemah internal subject norm dalam mempengaruhi perilaku konsumen dalam berbelanja online produk UMKM.

"

References

"Abyantoro Seno, H. G., & Purnamaningsih, P. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Behavioral Intention Aplikasi Delivery Service Food & Beverage. Ultima Management : Jurnal Ilmu Manajemen, 13(1), 164–182. https://doi.org/10.31937/manajemen.v13i1.2069

Adriani, L., & Ma'ruf. (2020). Pengaruh Islamic Religiosity dan Halal Knowledge terhadap Purchase Intention Kosmetik Halal Dimediasi oleh Attitude terhadap Produk Halal di Indonesia. AL-MUZARA'AH, 8(1), 57–72. https://doi.org/10.29244/jam.8.1.57-72

Alsa, A. (2015). Kontroversi Uji Asumsi Dalam Statistik Parametrik. Buletin Psikologi, 9(1). https://doi.org/10.22146/bpsi.7437

Andini, V., Akbar, D. A., & Maulana, C. Z. (2021). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Intervening Pada Usaha Pempek Di Kota Palembang. Forum Bisnis Dan Kewirausahaan Jurnal Ilmiah STIE MDP, 10. https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/forbiswira/article/view/804/211

Baicu, C. G., Gí¢rdan, I. P., Gí¢rdan, D. A., & Epuran, G. (2020). The impact of COVID-19 on consumer behavior in retail banking. Evidence from Romania. Management and Marketing, 15(s1), 534–556. https://doi.org/10.2478/mmcks-2020-0031

Charity, M. L. (2017). Jaminan Produk Halal di Indonesia. Jurnal Legislasi Indonesia, 14(1), 99–108. http://www.

Dhea Hervina, R., Fitriana Kaban, R., & Novita Pasaribu, P. (2021). Pengaruh Kesadaran Halal dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Gofood di Era Pandemi Covid-19. Jurnal INOVATOR Magister Manajemen Pascasarjana UIKA, 10(2), 133–140. http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/INOVATOR/index

Fahmi, S. (2017). Halal labeling effect on muslim consumers attitude and behavior. https://doi.org/10.2991/icoi-17.2017.26

Ilsanti, D., Rachma, N., & Hufron, M. (2019). Pengaruh Atribut Produk dan Label Halal Sebagai Variabel Moderating Terhadap Keputusan Pembelian Facial Wash Wardah. E-Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen, 8(16), 75–87. www.fe.unisma.ac.id

Janna, N. M. (2020). Konsep Uji Validitas dan Reliabilitas dengan Menggunakan SPSS. Artikel : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI) Kota Makassar, 18210047, 1–13.

Koch, J., Frommeyer, B., & Schewe, G. (2020). Online shopping motives during the COVID-19 pandemic”lessons from the crisis. Sustainability (Switzerland), 12(24), 1–20. https://doi.org/10.3390/su122410247

Liana, L. (2009). Penggunaan MRA dengan Spss untuk Menguji Pengaruh Variabel Moderating terhadap Hubungan antara Variabel Independen dan Variabel Dependen. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, XIV(2), 90–97. https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti1/article/view/95/90

Pham, V. K., Do Thi, T. H., & Ha Le, T. H. (2020). A study on the COVID-19 awareness affecting the consumer perceived benefits of online shopping in Vietnam. Cogent Business & Management, 7(1), 1846882. https://doi.org/10.1080/23311975.2020.1846882

Putri, F. S. W. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, Dan Atribut Produk Dengan Label Halal Sebagai Variabel Moderasi Terhadap Keputusan Pembelian. Kinerja Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(3), 27–36.

Sahid, R. (2021). Tutorial Uji Heteroskedastisitas dengan Glejser SPSS. Www.Spssindonesia.Com. https://www.spssindonesia.com/2014/02/uji-heteroskedastisitas-glejser-spss.html

Saraswati, I. G. A. A. P., & Rahyuda, I. K. (2021). Pengaruh Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness Dan Trust Terhadap Repurchase Intention. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 10(02), 61. https://doi.org/10.24843/eeb.2021.v10.i02.p02

Soomro, B. A., & Shah, N. (2021). Examining the intention to stay home due to COVID-19: a pandemic's second wave outlook. Health Education, 121(4), 420–435. https://doi.org/10.1108/HE-12-2020-0118

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.); Cetakan Ke). Alfabeta.

Sujarweni V. Wiratna. (2014). SPSS untuk Penelitian (1st ed.). Pustaka Baru Press.

Sumaedi, S., Bakti, I. G. M. Y., Rakhmawati, T., Widianti, T., Astrini, N. J., Damayanti, S., Massijaya, M. A., & Jati, R. K. (2021). Factors influencing intention to follow the "stay at home” policy during the COVID-19 pandemic. International Journal of Health Governance, 26(1), 13–27. https://doi.org/10.1108/IJHG-05-2020-0046

Taufik, T., & Nasir, A. (2020). Bilancia: Jurnal Ilmiah Akuntansi The Influence Of Village Aparature Competence, Internal Control System And Whistleblowing System On Fraud Prevention In Village Government With Individual Morality As Moderated Variables (Study In Villages In Bengkalis District). In Jurnal Ilmiah Akuntansi (Vol. 4, Issue 3). http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/BILANCIA/index

Winahyu, R. B. (2013). Pengaruh Risk Attitude, Risk Perception, Dan Subjective Norm Terhadap Risk Intended Behavior Dari Restoran Makanan Yang Tidak Memiliki Sertifikasi Halal Bagi Konsumen Muslim, Dengan Variabel Moderator Religiusitas. Jurnal Bisnis Dan Manajemen Volume 6 No. 1 Agustus, 13(1), 43–51.

Zahra, N., & Sanaji, S. (2021). Peran Moderasi Motivasi Hedonis pada Pengaruh Promosi Penjualan terhadap Niat Penggunaan Ulang Layanan Dompet Elektronik di Kalangan Milenial. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(1), 57. https://doi.org/10.26740/jim.v9n1.p57-67

"

Downloads

Published

2022-05-09

How to Cite

Marganus, E., & Pasaribu, P. N. (2022). Perilaku Konsumen Berbelanja Online Produk UMKM Selama Pandemi Covid-19 di moderasi oleh Kehalalan Produk. Inovator, 11(2), 319–330. https://doi.org/10.32832/inovator.v11i2.7188

Issue

Section

Artikel