Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Perspektif Al-Ghazali di SMA/SMK Negeri Kota Tarakan

Authors

  • Baharuddin Baharuddin Doktor Pendidikan Agama Islam, Universitas Ibn Khaldun
  • Adian Husaini Doktor Pendidikan Agama Islam, Universitas Ibn Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.32832/itjmie.v2i1.3672

Keywords:

Kepribadian Guru, Pendidikan Agama Islam, Al-Ghazali, Kota Tarakan

Abstract

Teachers' certification as a medium to improve teacher competence is considered not optimal, so it is necessary to explore a more comprehensive concept. This study aimed to examine the Personality Competency of Islamic Religious Education Teachers (PAI) at Tarakan State High School/Vocational High School in al-Ghazali Perspective. This research is field research that is descriptive qualitative. This research approach is a theological, pedagogical, psychological, and managerial approach. This study's data sources are primary data sources consisting of principals, deputy heads, Islamic Education teachers, learners, and secondary data sources consisting of the necessary documentation. Research instruments use observation guides, interview guidelines, and checklist documentation. Data collection methods use observation, interviews, and documentation. Data processing and analysis techniques through three stages, namely data reduction, data presentation (data display), and conclusion withdrawal (data verification). Through collecting, processing, and analyzing data, it was found that in general aspects of the personality of Islamic Education teachers in Tarakan City in al-Ghazali Perspective still exist that need to be improved from less to good. The implication is: Teachers must have the right criteria, as stated by Al-Ghazali and the Law

Abstrak

Sertifikasi guru sebagai media untuk meningkatkan kompetensi guru, dinilai belum optimal, sehingga perlu untuk menggali sebuah konsep yang lebih komprehensif. Tujuan penelitian ini mengkaji Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA/SMK Negeri Kota Tarakan dalam Perspektif al-Ghazali. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan teologis, pedagogis, psikologis, dan pendekatan manajerial. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala, guru Pendidikan Agama Islam, peserta didik, dan sumber data sekunder yang terdiri dari dokumentasi penting. Instrumen penelitian menggunakan panduan observasi, pedoman wawancara, dan check list dokumentasi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan dan analisis data melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data (display data), dan penarikan kesimpulan (verifikasi data). Melalui proses pengumpulan, pengolahan, dan analisis data maka ditemukan hasil penelitian bahwa pada umumnya aspek kepribadian guru Pendidikan Agama Islam di Kota Tarakan dalam Perspektif al-Ghazali masih ada yang perlu ditingkatkan dari kurang baik menjadi baik. Implikasinya adalah: Guru harus memiliki kriteria baik sebagaimana telah diungkapkan oleh Al-Ghazali dan Undang-Undang.

References

A. Muri Yusuf. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan -. Jakarta: Kencana.

Ahmadi, R. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Ar-Ruzz media.

Arifin, Y. (2018). Pemikiran-Pemikiran Emas Para Tokoh Pendidikan Islam. Yokyakarta: IRCiSoD.

Conny R. Semiawan. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Grasindo.

Darimi, I. (2015). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Pembelajaran. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 5(2), 309–324. doi: 10.22373/jm.v5i2.630

Heftaul. (2020). Guru PAI SMK Negeri 1 Kota Tarakan, wawancara. Tarakan.

Hidayati, U. (2017). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 4(2). doi: 10.32729/edukasi.v4i2.177

Huda, M. (2018). Kompetensi Kepribadian Guru dan Motivasi Belajar Siswa (Studi Korelasi pada Mata Pelajaran PAI). Jurnal Penelitian, 11(2).

Khadijah, I. (2019). Etika Guru dan Murid dalam Pendidikan Perspektif Imam Al-Ghazali. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 5(1), 89–102. doi: 10.30653/003.201951.60

Lubis, R. N. (2019a). Implementation Of Personality Competence Of Islamic Religious Education Teachers In The Integrated Islamic Elementary School Syarif Arrasyid Islamic School Medanacademic Year 2017/2018. ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 3(2), 135. doi: 10.30821/ansiru.v3i2.5862

Lubis, R. N. (2019b). Implementation Of Personality Competence Of Islamic Religious Education Teachers In The Integrated Islamic Elementary School Syarif Arrasyid Islamic School Medanacademic Year 2017/2018. ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 3(2), 135.

Sekolah, K. (2020). SMA Negeri 2 Kota Tarakan, wawancara. Tarakan.

Semiawan, C. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Grasindo.

setiawan, W. (2018). Reward And Punishment Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. In Al-Murabbi.

Suardi. (2020). Guru PAI SMA Negeri 3 Kota Tarakan, wawancara. Tarakan.

Sudarma, M. (2013). Profesi guru dipuji, dikritik, dan dicaci. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Suhardi. (2020). Guru PAI SMA Negeri 3 Kota Tarakan, wawancara. Tarakan.

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka.

Syarif, M. (2020). Guru PAI SMA Negeri 2. Kota Tarakan, wawancara, Tarakan.

Token, Pr. I. (2016). Manajemen Peneltian Guru Untuk Pendidikan Bermutu. Jakarta: PT Grasindo.

Wahyudi setiawan. (2018). Reward And Punishment Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam.

Winarko. (2020). Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Kota Tarakan, wawancara. Tarakan.

Yamani, M. (2020). Guru PAI SMK Negeri 3. Kota Tarakan, wawancara, Tarakan.

Downloads

Published

2021-02-02

How to Cite

Baharuddin, B., & Husaini, A. (2021). Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Perspektif Al-Ghazali di SMA/SMK Negeri Kota Tarakan. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 2(1), 50–63. https://doi.org/10.32832/itjmie.v2i1.3672

Issue

Section

Articles