Landasan dan Prinsip-Prinsip Perencanaan Pendidikan Islam

Authors

  • Nuraeni Nuraeni Sekolah Pascasarjana, Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Endin Mujahidin Sekolah Pascasarjana, Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/itjmie.v2i2.4596

Keywords:

Landasan, Prinsip, Perencanaan Pendidikan Islam

Abstract

Education is an effort to educate by educator to his students that need a very long process. Therefore, an education requires a strong foundation and strong principles to strengthen the foundation. An educational institution is a device to humanize people in an effort to form and empower people in the midst of society, especially in Islamic education. Islamic education aims to make Muslims who have a good & correct understanding of  in accordance with the guidance of the Messenger of Allah. Therefore religion becomes the basis for forming a prosperous society in the world and success in the hereafter that is supported by principles that strengthen the foundation. The educational process requires good planning to support the scholastic journey into the future. A plan also requires a strong foundation and support of principles that can strengthen the foundation of education. The principle of comprehensive education planning and solid cooperation among all elements of education will facilitate the course of the educational process until the future in achieving the goal of education that is to make Indonesian people obey God almighty.

Abstrak

Pendidikan merupakan upaya untuk mendidik yang dilakukan oleh seorang pendidik kepada peserta didiknya yang membutuhkan proses yang sangat panjang. Oleh karenanya sebuah pendidikan membutuhkan landasan yang kuat serta prinsip-prinsip yang kuat pula untuk mengokohkan landasan tersebut. Sebuah lembaga pendidikan adalah perangkat untuk memanusiakan manusia dalam upaya membentuk dan memberdayakan manusia ditengah-tengah masyarakat, khususnya dalam pendidikan Islam. Pendidikan Islam bertujuan menjadikan ummat Islam beragama dengan baik dan benar sesuai tuntunan Rasulullah SAW. Oleh karenanya agama menjadi landasan untuk membentuk masyarakat yang sejahtera di bumi dan sukses di akhirat kelak yang ditopang oleh prinsip-prinsip yang mengokohkan landasan tersebut. Proses pendidikan membutuhkan perencanaan yang baik untuk mendukung perjalanan pendidikan tersebut hingga masa yang akan datang. Sebuah perencanaan juga membutuhkan landasan yang kuat serta topangan dari prinsip-prinsip yang dapat mengokohkan landasan pendidikan tersebut. Prinsip perencanaan pendidikan yang menyeluruh serta kerja sama yang solid diantara seluruh elemen pendidikan akan mempermudah perjalanan proses pendidikan hingga masa yang akan datang dalam mencapai tujuan pendidikan yaitu menjadikan manusia Indonesia bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

References

Abdurrahman. (2017). Pengembangan Desain Dan Pendekatan Perencanaan (Planning) Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Al-Tanzim-Jurnal Manjemen Pendidikan.

Abdurrahman Alu Syaikh, A. (2008). Tafsir Ibnu Katsir. Jakarta: Pustaka Imam Syafi'i.

al-Qaththan, S. M. (2010). Pengantar Studi Al-Qur'an. Jakarta:Pustaka Al-Kausar.

Alim, A. (2014). Tafsir Pendidikan Islam. Jakarta: AMP press.

Ath-Thabari. (2007). Tafsir Ath-Thabari. Jakarta: Pustaka Azzam.

az-Zuhaili, W. (2005). Tafsir Al-Munir. Depok: Gema Insani.

Bahri, S. (2011). Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah-Islam Futura.

Bahtiar, A. R. (2016). Prinsip-Prinsip Dan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Tarbawi, 1(2), 2527–4082.

Fathurrahman, M. (2017). Prinsip dan Tahapan Pendidikan Islam (Kajian Telaah Tafsir Al-Qur'an. Yogyakarta: Garudhawaca.

Hamka, B. (1989). Tafsir Al-Azhar. Jakarta: Pustaka PTE LTD Singapura.

Ikhwan, A. (2016). Manajemen Perencanaan Pendidikan Islam (Kajian Tematik Al-Qur'an Dan Hadist. Edukasi, 04(01).

Jaelani, A., Nurwadjah Ahmad, E. Q., & Suhartini, A. (2020). Landasan Teologis Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2).

Jannah, F. (2013). Pendidikan Seumur Hidup Dan Implikasinya. Dinamika Ilmu, 13(1).

Langgulung, H. (2013). Asas-Asas Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Pustaka Al Husna Baru.

Masdudi. (2014). Landasan Pendidikan Islam (Kajian Konsep Pembelajaran). Cirebon:CV. Elsi Pro.

Nata, A. (2017). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.

Nurmadiah. (2014). Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Afkar, III(II).

Qomar, M. (2005). Epistemologi Pendidikan Islam (Dari Metode Rasional Hingga Metode Kritik. Jakarta: Erlangga.

Quthb, S. (2008). Tafsir Fi-Zhilalil Qur'an (Di Bawah Naungan Al-Qur'an. Jakarta: Robbani Press.

Ridwan, A. (2020). Implementasi Fungsi Planning di Sekolah Dalam Kerangka Manajemen Pendidikan Islam. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 2(N), 2515–3610.

Salim, H. M. H. (2013). Pendidikan Agama dalam Keluarga (Revitalisasi Peran Keluarga Dalam Membangun Generasi Bangsa Yang Berkarakter. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Tafsir, A. (2016). Ilmu Pendidikan Islami. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Thahan, M. (2012). Ilmu Hadits Praktis. Bogor: Pustaka Thariqul Izzah.

Downloads

Published

2021-07-31

How to Cite

Nuraeni, N., & Mujahidin, E. (2021). Landasan dan Prinsip-Prinsip Perencanaan Pendidikan Islam. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 2(2), 104–121. https://doi.org/10.32832/itjmie.v2i2.4596

Issue

Section

Articles