Perencanaan Pengembangan Alumni Perguruan Tinggi dalam Perspektif Islam

Authors

  • Anissa Maila Rahayu Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Endin Mujahidin Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Budi Handrianto Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/itjmie.v2i2.4654

Keywords:

Perencanaan Pendidikan, Pengembangan alumni, Perguruan Tinggi Indonesia

Abstract

The planning preparation of an activity is highly recommended in Islamic perspective. The completion of university's study program does not make the university complete its planning task. The existence of alumni as a necessity of the educational process has an important position and role in Islamic civilization and requires seriousness in planning its development. Currently, exploring concepts from an Islamic perspective is still limited, especially in terms of alumni development. The purpose of this study is to describe the concept of alumni in an Islamic perspective and to explain the planning of alumni development in the university. This study uses a qualitative approach with library research. The results of this study are (1) the term ‘alumni' in the Islamic perspective refers to a monumental event and (2) alumni development planning can use the POAC (planning, organizing, actuating, controlling) concept by George Robert Terry where the stages of the flow start from planning, then organizing, then mobilizing and finally monitoring. After knowing the role of alumni is very strategic, it is hoped that alumni development planning in the future will be managed properly and seriously.

Abstrak

Penyusunan suatu perencanaan kegiatan sangatlah dianjurkan dalam perspektif Islam. Selesainya program pendidikan tinggi tidaklah menjadikan perguruan tinggi tersebut selesai dalam tugas perencanaannya. Keberadaan alumni sebagai satu keniscayaan dari adanya proses pendidikan mempunyai posisi dan peran penting terhadap peradaban Islam dan perlu keseriusan dalam perencanaan pengembangannya. Saat ini, penggalian konsep dari perspektif Islam masih terbatas khususnya dalam hal pengembangan alumni. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep alumni dalam perspektif Islam dan menjelaskan perencanaan pengembangan alumni di perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan kepustakaan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) istilah ‘alumni' dalam perspektif Islam merujuk kepada kejadian yang monumental dan (2) perencanaan pengembangan alumni dapat menggunakan konsep POAC (planning, organizing, actuating, controlling) oleh George Robert Terry yang mana tahapan alurnya dimulai dari perencanaan, lalu pengorganisasian, kemudian penggerakan dan terakhir pengawasan. Setelah mengetahui peran alumni sangat strategis, maka diharapkan perencanaan pengembangan alumni kedepannya dikelola dengan baik dan serius.

References

Alumni. (2016). https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/alumni.

Anwar, S. (2020). "Madzhab Dan Sejarah Perkembangannya”. Retrieved December 22, 2020, from: https://stisalmanar.ac.id/artikel/madzhab-dan-sejarah-perkembangannya.html.

Arianto, I. (2017). Pengelolaan Alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam Perspektif Konsep Customer Relationship Management (CRM) (Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, Indonesia). Retrieved from: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11544.

Badan Pusat Statistik. (2020). Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2020. BPS, Jakarta.

Basri, A. S. H. (2011). Eksistensi dan Peran Alumni Dalam Menjaga Kualitas Mutu Fakultas Dakwah. Jurnal Dakwah, 12(1), 137-158. ISSN: 2614-1418. Retrieved from: http://ejournal.uin-suka.ac.id/dakwah/jurnaldakwah/article/view/400/370.

Daniar. (n.d.). Manajemen Umum Islam. Retrieved Desember 21, 2020, from: https://studylibid.com/doc/1068539.

Deni, I. F., & Salamuddin. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Alumni PTKI: Analisis Alumni Prodi di Pengembangan Masyarakat Islam UINSU di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Mukadimah: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial, 3(1), 19-24. Retrieved from: https://doi.org/10.30743/mkd.v3i1.999.

Fattah, N. (2008). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Gunarto, M., & Gaffar, V. (2016). Analisis Persepsi dan Preferensi Masyarakat Terhadap Reputasi Peringkat Perguruan Tinggi, Jurnal Ilmu Manajemen, 5(2), 129-142. Retrieved from: https://doi.org/10.32502/jimn.v5i2.417.

Hadi, N. (n.d.a.). "Shalahuddin al-Ayyubi”. Retrieved December 22, 2020, from website: https://kisahmuslim.com/3915-shalahuddin-al-ayyubi.html.

Hadi, N. (n.d.b.). "Muhammad al-Fatih, Penakluk Konstantinopel”. Retrieved December 22, 2020, from website: https://kisahmuslim.com/4287-muhammad-al-fatih-penakluk-konstantinopel.html.

Hamalik, O. (2008). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Handrianto, B. (2019). Islamisasi Ilmu Pengetahuan Di Era Revolusi Industri 4.0 (Makna Dan Tantangannya). The Annual Conference on Islamic Education and Social Science, 1(1), 1–13. ISSN 2685-5119. Retrieved from: http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ACIEDSS/article/view/483.

Husaini, A. (2018). Pendidikan Islam: Mewujudkan Generasi Gemilang Menuju Negara Adidaya 2045, Depok: Yayasan Pendidikan Islam At-Taqwa.

Ikhwan, A. (2018). Penerapan Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat dalam Perspektif Islam. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 2(1), 1-16. ISSN 2599-3046. Retrieved from: https://alhayat.or.id/index.php/alhayat/article/view/19.

Kompas.com. (2011). "Daoed Joesoef: Pendidikan Kunci Kemajuan Bangsa”. Retrieved December 22, 2020, from website: https://edukasi.kompas.com/read/2011/10/23/15253241/Daoed.Joesoef.Pendidikan.Kunci.Kemajuan.Bangsa.

Muhajidin, E., et al. (2008). Perencanaan Pendidikan: Konsep Jitu Mendirikan Sekolah Islam. Bogor, UIKA Press.

Muhajidin, E. (2011). Concept and Principles of Education Planning Based on The Qur'an and Sunnah. Proceeding of The International Seminar on Islamic Education: Islamization of Higher Education Models and Experiences in Muslim Worlds, Bogor, Indonesia. Retrieved from: https://uika-bogor.ac.id/uploads/files/UIKACOVER_239Prosiding%20Gab.pdf.

Nidzon, M., (n.d.). "Membangun Tradisi Intelektual ala UNIDA Gontor”. Retrieved December 22, 2020, from website: http://unida.gontor.ac.id/unida-gontor-membangun-tradisi-intelektual/.

Nuryasin, M., & Mitrohardjono, M. (2019). Strategi Perencanaan Pengembangan Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 77-84. Retrieved from: 10.24853/tahdzibi.4.2.77-84.

Para Pejuang di Perang Badar. (n.d.). Retrieved December 22, 2020, from website: https://almanhaj.or.id/2596-para-pejuang-di-perang-badar.html.

Pengorganisasian. (2016). Retrieved December 21, 2020, from KBBI Daring website: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pengorganisasian.

Perang Hunain (Bagian-1). (n.d.). Retrieved December 22, 2020, from website: https://almanhaj.or.id/5501-perang-hunain-bagian1.html.

Perencanaan. (2016). Retrieved December 20, 2020, from KBBI Daring website: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/PERENCANAAN.

Pidarta, M. (2005). Perencanaan Pendidikan Partisipatori dengan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Priyanto, D. (2018). Pengembangan Perencanaan Pendidikan Islam (Konsep Strategi Pengembangan Di Indonesia). INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 16(3), 294-307. Retrieved from: https://doi.org/10.24090/insania.v16i3.1594.

RisalahMuslim. (n.d.a.). "QS. Al Hasyr (Pengusiran) – surah 59 ayat 18 [QS. 59:18]”. Retrieved December 20, 2020, from: https://risalahmuslim.id/quran/al-hasyr/59-18/.

RisalahMuslim. (n.d.b.). "QS. An Nisaa' (Wanita) – surah 4 ayat 9 [QS. 4:9]”. Retrieved December 20, 2020, from: https://risalahmuslim.id/quran/an-nisaa/4-9/.

Sibarani, S. A. P., Napitupulu, J., & Jamaluddin. (2017). Aplikasi Pengolahan Data Alumni Diploma Tiga Manejemen Informatika Universitas Methodist Indonesia Medan. Methomika: Jurnal Manajemen Informatika & Komputerisasi Akuntansi, 1(1), 39-45. ISSN: 2598-8565. Retrieved from: https://methomika.net/index.php/jmika/article/view/24.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukarna. (2011). Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: CV. Mandar Maju.

Suwarsono, J. (2002). Hubungan Tingkat Pemberdayaan Alumni Pendidikan Pelatihan, Motivasi dan Kepemimpinan dengan Kinerja Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Badan Diklat Propinsi Jawa Tengah (Tesis, Universitas Dipenogoro Semarang). Retrieved from: http://eprints.undip.ac.id/12646/.

Syarafuddin. (2005). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Tangerang: Ciputat Press.

Usman, H. (2009). Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Winarti, E. (2018). Perencanaan Manajemen Sumber Daya Manusia Lembaga Pendidikan. Jurnal Tarbiyatuna, 3(1), 1-26. Retrieved from: http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/tarbiyatuna/article/view/3434.

Woly, S.R. (n.d.). "Iman Kepada Takdir Baik dan Buruk”. Retrieved December 20, 2020, from: https://muslimah.or.id/756-iman-kepada-takdir-baik-dan-takdir-buruk.html.

Downloads

Published

2021-07-31

How to Cite

Rahayu, A. M., Mujahidin, E., & Handrianto, B. (2021). Perencanaan Pengembangan Alumni Perguruan Tinggi dalam Perspektif Islam. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 2(2), 76–90. https://doi.org/10.32832/itjmie.v2i2.4654

Issue

Section

Articles