Peran guru dalam implementasi menejemen kelas SMP di pondok pesantren

Authors

  • Saiful Aziz Megister Pendidikan Agama Islam Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Ibnu Khaldun
  • Santi Lisnawati Megister Pendidikan Agama Islam Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Ibnu Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.32832/itjmie.v3i1.5677

Keywords:

Guru, Menejemen Kelas, Pesantren

Abstract

To improve the quality of education, it is necessary to improve and improve education which is closely related to improving the quality of the operational teaching and learning process that takes place in the classroom. Therefore, good classroom management is needed so that learning objectives can be achieved. In Classroom Management, the teacher as the main actor who really determines the success or failure of students in learning, must always pay attention and create a conducive atmosphere in the classroom. With competent and qualified teachers, it is hoped that they will be able to create an effective learning atmosphere in the classroom. The problems that can be formulated are (1) how to implement classroom management in the teaching and learning process starting from planning and implementation (2) What are the inhibiting and supporting factors, and (3) what are the strategies to improve the teaching and learning process. Data collection is done by means of observation. The data analysis was carried out by descriptive qualitative analysis, namely by describing and analyzing all field data and then making conclusions. The results of this study are expected to be able to provide understanding to prospective teachers and become an evaluation for teachers that the importance of classroom management in order to improve the quality of the teaching and learning process so as to achieve a predetermined goal.

Abstrak

Untuk meningkatkan mutu pendidikan, diperlukan peningkatan dan penyempurnaan dalam pendidikan yang berkaitan erat dengan peningkatan mutu Proses Belajar Mengajar secara operasional yang berlangsung di dalam kelas. Oleh karena itu, diperlukan Manajemen kelas yang baik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Dalam Manajemen Kelas, guru sebagai pemeran utama yang sangat menentukan berhasil tidaknya siswa dalam belajar, harus senantiasa memperhatikan dan menciptakan suasana kondusif di dalam kelas. Dengan adanya guru yang berkompeten dan berkualitas diharapkan mampu dalam menciptakan suasana belajar yang efektif di dalam kelas. Adapun masalah yang dapat dirumuskan adalah (1) bagaimana implementasi manajemen kelas dalam proses belajar mengajar yang dimulai dari perencanaan dan pelaksanaan (2) Apa faktor penghambat dan pendukungnya, dan (3) bagaimana strategi untuk meningkatkan proses belajar mengajar. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi. Adapun analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif analitik yaitu dengan cara mendeskripsikan dan menganalisis semua data lapangan kemudian membuat kesimpulan. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan pemahaman pada calon guru dan menjadi evaluasi bagi guru bahwasanya betapa pentingnya manajemen kelas dalam rangka meningkatkan kualitas proses belajar mengajar sehingga tercapai suatu tujuan yang telah ditentukan.

References

Adhitama, N., Parmin, & Sudarmin. (2015). Implementasi Quantum Learning Berbantuan Mind Mapping. Unnes Science Education.

Arsyam, M. (2020). Manajemen Pendidikan Islam ( Bahan Ajar Mahasiswa ). 2.

Hasanuddin, H. (2008). Dominasi Peradaban Barat Dalam Pendidikan Islam. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(2), 258–269. https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n2a10

Hudi, S. (2021). Model Manajemen Kegiatan Siswa dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 2(2), 122–129. https://doi.org/10.32832/itjmie.v2i2.4519

Juita, R. (2019). Administrasi Pendidikan. https://doi.org/10.31227/osf.io/2scu3

Kadri. (2018). Pentingnya Pengelolaan Manajemen Kelas dalam Pembelajaran. Studi Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 39–48. http://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/bidayah/article/view/144

Kunandar. (2017). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat. "Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta.

Kurniawan, I., Hamat, A. Al, Hayyie, A., & Kattani, A. (2021). Metode Pembelajaran Kreatif Mata. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 2(1), 13–20. https://doi.org/10.32832/itjmie.v2i1.3426

Maunah, B. (2014). The implementation of character education in the formation of students' holistic personality. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8615

Nasional, U. S. P. (2003). Introduction and Aim of the Study. Acta Pí¦diatrica, 71, 6–6. https://doi.org/10.1111/j.1651-2227.1982.tb08455.x

Nuraeni, N., & Mujahidin, E. (2021). Landasan dan Prinsip-Prinsip Perencanaan Pendidikan Islam. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 2(2), 104. https://doi.org/10.32832/itjmie.v2i2.4596

RI, D. A. (2021). Al Qur'an dan Terjemah. CV Bandung Diponogoro.

Suci, I. G. S., Wijaya, H., & Indrawan, I. (2020). Pengantar Sosiologi Pendidikan (I. P. Gelgel (ed.); 1st ed.).

Usman, H. (2019). Menejemen Teori, Praktek dan Riset Pendidikan. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2022-04-06

How to Cite

Aziz, S., & Lisnawati, S. (2022). Peran guru dalam implementasi menejemen kelas SMP di pondok pesantren. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 3(1), 33–42. https://doi.org/10.32832/itjmie.v3i1.5677

Issue

Section

Articles