Penanggulangan putus sekolah dengan pelibatan orang tua di Desa Rumpin

Agnesita Widi Larasati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan konsep yang dapat menanggulangi putus sekolah yang berada di Desa Rumpin dengan pelibatan orang tua. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan sampel 30 responden orang tua dan anak putus sekolah yang ada di Desa Rumpin Bogor. Dengan cara penentuan sampel, jadi memilih beberapa responden yang telah ditentukan oleh peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) faktor penyebab anak putus sekolah di Desa Rumpin Bogor karena keadaan ekonomi yang membuat orang tua tidak bisa membiayai anaknya sekolah, ada juga karena pola pikir orang tua yang kurang mengetahui pentingnya pendidikan bagi masa depan, jarak lokasi rumah ke sekolah yang jauh dan akses jalur menuju sekolah juga transportasi kendaraan yang kurang memadai. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa upaya penaggulangan anak putus sekolah di Desa Rumpin Bogor dengan cara upaya penanggulangan secara preventif atau biasa disebut dengan pencegahan, upaya penanggulangan secara represif atau disebut dengan penanggulangan dan yang terakhir dengan cara pembinaan. Untuk itu pentingnya pelibatan atau partisipasi orang tua dalam penanggulangan putus sekolah yang ada di Desa Rumpin Bogor. Agar setidaknya dapat berkurang anak-anak yang putus sekolah di Desa Rumpin Bogor.

 

Abstract

This study aims to find concepts that can overcome dropouts in Rumpin Village with the involvement of parents. The research method used was a survey method with a sample of 30 respondents parents and school dropouts in Rumpin Village, Bogor. By way of determining the sample, so choose some respondents who have been determined by researchers. The results of this study indicate that (1) the factors causing children to drop out of school in Rumpin Village Bogor due to economic conditions that make parents unable to pay for their children to go to school, there is also because the mindset of parents who do not know the importance of education for the future, the distance from home to distant schools and access routes to schools are also inadequate vehicle transportation. Based on the results of data analysis, it can be concluded that the effort to prevent school drop-outs in Rumpin Village in Bogor is preventive or commonly referred to as prevention, repressive measures or referred to as countermeasures, and finally by coaching. For this reason, the importance of involving or participating parents in overcoming school dropouts in Rumpin Village, Bogor. In order to at least reduce the number of children who drop out of school in Bogor Rumpin Village.


Keywords


Penanggulangan; Pelibatan Orang Tua; Putus Sekolah.

Full Text:

PDF

References


Asmara, I, R, Y & Sukadana, W, I. 2012. “Mengapa Angka Putus Sekolah Masih Tinggi? (Studi Kasus Kabupaten Buleleng Bali)”. E-Jurnal EP Unud. Vol. 5, No. 12, hh. 1347-1383.

Benjamin, M, Pati, A & Singkoh. “Strategi Dinas Pendidikan Dalam Meminimalisir Anak Putus Sekolah Di Kota Bitung”.

Herdiansyah, Bahari, Y & Salim, I. 2014. “Upaya Orang Tua Mengatasi Anak Putus Sekolah Di Desa Sukajaya”.

Hikmah, Lisa. 2016. “Kemiskinan Dan Putus Sekolah”. Jurnal Equilibrium Pendidikan Sosiologi. Vol. 4, No.2.

Kamsihyati, T, Sutomo & FS, Sakinah. 2016. “Kajian Faktor-Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah Di Desa Jangrana Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap”. Vol. 5, No. 1.

Kristiyani, Titik. 2013. “Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Dan Komitmen Siswa Terhadap Sekolah: Studi Meta-Analisis”. Buletin Psikologi. Vol. 21, No. 1, hh. 31-40.

Kusbowo, Rio. 2014. “Upaya Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu Dalam Pengentasan Anak Putus Sekolah (Studi Kasus Sekolah Dasar Di Kecamatan Batang Cenaku Tahun 2011-2012)”. Vol. 3, No. 1.

Lamasiara, D & Achmad, A. 2017. “Penguatan Karakter Peserta Didik Melalui Pelibatan Keluarga Pada Satuan Pendidikan Di Daerah Bekas Konflik: Kasus Konflik Poso”. Asian Journal Of Environment, History And Heritage. Vol. 1,Issue. 1, p. 149-157.

Maimunah. 2015. “Pemuda Putus Sekolah Dan UpayaPenanggulangannya”. Vol. 16, No. 2.

Sodiyah & Suripno. 2016. “Upaya Pemerintah Kabupaten Kebumen Dalam Menanggulangi Anak Putus Sekolah”. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan hukum.

Syamsudduha, st.2017. “Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Di Sekolah Pada SDIT AL-Fityan Kabupaten Gowa. Jurnal Al-Kalam. Vol. 9, No.2.

Wassahua, S. 2016. “Analisis Faktor-Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah Di Kampung Wara Negeri Hative Kecil Kota Ambon”. Jurnal Al-Iltizam. Vol. 1, No. 2.

Waidi, Saeudin, D & Mujahidin, E. 2019. “Pengaruh Motivasi Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa: Studi Kasus Di Mts Al-Azhar Tuwel”. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 08, No. 02.

M, Yulia, Merri, Mujahidin, Endin & Alim, Akhmad. 2018. “Konsep Pendidikan Karakter Dan Akhlak Syed Muhammad Naquib Al-Attas”.




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/jpls.v13i2.2651

Article Metrics

Abstract view : 4 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Luar Sekolah