Upaya tokoh masyarakat dalam meningkatkan minat warga belajar untuk mengikuti program pendidikan paket C

Amalia Dwi Karina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang upaya yang dilakukan oleh tokoh masyarakat dalam meningkatkan minat masyarakat mengikuti program pendidikan kesetaraan paket C pada PKBM Al Jauhar Kota Bogor. Tokoh masyarakat merupakan seseorang yang berpengaruh dan ditokohkan oleh lingkungannya. Tokoh masyarakat juga memiliki peran sebagai agen perubahan dan manajer melalui kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pembinaan, evaluasi, dan pengembangan yang melibatkan peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskrptif yang didukung dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket dan studi kepustakaan. Populasi dalam penelitian ini adalah pengelola serta RT dan warga belajarpendidikan paket C yang berjumlah 30 orang dan sekaligus dijadikan sampel penelitian. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan, yaitu: seluruh tahapan upaya yang dilakukan tokoh masyarakat dengan melibatkan warga belajardalam setiap penyelenggaraan kegiatan sudah berjalan cukup baik, yaitu tercapaiannya peningkatan minat warga belajar untuk mengikuti pendidikan kesetaraan paket C. Adapun upaya yang dilakukan oleh tokoh masyarakat yaitu pemberian informasi, ajakan untuk mengikuti, motivasi dan pengembangan (pelaksanaan dan pengembangan dalam pengetahuan, pengalaman , serta keterampilan). Para warga belajar pendidikan kesetaraan paket C memiliki minat belajar yang cukup tinggi dalam dirinya, dukungan orang tua dan pengaruh teman sebaya.


Keywords


Tokoh Masyarakat, Minat Warga Belajar, Pelaksanaan Paket

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi (2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktikedisi : Revisi 2010. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Bungin, Burhan, (2007) Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Kebijkan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya, Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Departemen Pendidikan Nasional (2003) Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tenttang Sistem Pendidikan Nasional, Sekretariat Jendral Depdiknas, Jakarta

Lexy J. (2010) Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Marzuki, Saleh. 2010. Pendidikan Nonformal: dimensi dalam keaksaraan

fungsional, pelatihan, dan andragogi. Bandung: PT. Remaja Rosda karya.

Moleong, Lexi J, (1993), Metode Penelitian Kualitatif, Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

Muhibbin, Syah. (2003) Psikologi Belajar. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Slameto. (2015) ..Belajar Dan Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.

Umberto Sihombing. (2000). Pendidikan Luar Sekolah (Manajemen Strategi). Jakarta: PD. Mahkota.

Winkel, W.S. (1996). Psikologi Pengajaran.Grasindo: Jakarta Cetakan ke 4.

Skripsi :

Budiarti, Yeti.(2011). Minat belajar siswa terhadap mata pelajaran bahasa indonesia (studi kasus di SMA PGRI 56 Ciputat). (skripsi) program sarjana. universitas UIN Syarif Hidayatullah Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/jpls.v13i2.2652

Article Metrics

Abstract view : 3 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Luar Sekolah