Upaya peningkatan kemandirian anak melalui metode bercerita

Dina Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan konsep yang dapat digunakan dalam meningkatkan kemandirian anak usia dini berusia 5-6 tahun kelompok B di TKIT An-Naba, Bogor Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Adapun responden penelitiannya dari 15 wali murid. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode mendongeng dapat meningkatkan kemampuan kemandirian anak di TKIT An-Naba.


Keywords


anak; kemandirian; bercerita

Full Text:

PDF

References


Endin Mujahidin dan Agustini Diah Pancawati. 2018. Pengaruh Materi Cerita Terhadap Perkembangan Kepribadian Anak. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, VOL : 07 NO : 02.

Mahyumi Rantina. 2015. Skripsi. Peningkatan Kemandirian Melalui Kegiatan Pembelajaran Practical Life (Penelitian Tindakan Di TK B Negeri Pembina Kabupaten Lima Puluh Kota, Tahun 2015). Universitas Negeri Jakarta.

Erma Pawitasari, Endin Mujahidin, Nanang Fattah. 2015. Pendidikan Karakter Bangsa Dalam Perspektif Islam (Studi Kritis Terhadap Konsep Pendidikan Karakter Kementerian Pendidikan & Kebudayaan). Vol. 4, No. 1.

Lailatul Mufarohah, Endin Mujahidin, Akhmad Alim. Pendidikan Akhlak Untuk Anak Usia Dini. Seminar Nasional 2018 “Membangun Budaya Literasi Pendidikan & Bimbingan dan Konseling Dalam Mempersiapkan Generasi Emas”.

Soleha, Adian Husaini, Endin Mujahidin, Didin Saefuddin. 2015. Implementasi Pengembangan Karakter Keagamaan Dan Potensi Kecerdasan Anak Usia Dini (Studi Kasus Di Paud Ceria Dan Tamasha Valaq Pangkalpinang). Vol. 4, No. 2.

Jakafilyamma. 2012. Online. Mendongeng. Tersedia di http://jakafilyamma.blogspot.com/2012/07/pengertian-cerita-dongeng-dan-metode.html. Diakses pada 3 Nov 19.

Anik Riana. 2016. Skripsi. Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Mendongeng Pada Kelompok Bermain Harapan Bangsa Candiroto Temanggung. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: