Kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan terhadap pendidikan karakter kedisiplinan

Nur Qoyimatul Uyun Al Azizi

Abstract


This research aims to find out the scouting extracurricular activities for character education in discipline at Zaid Bin Thabit SMPIT Bogor. The formation of this character is very important, education in Indonesia must have the development of the potential of students to become human beings who believe and obey God Almighty, have good character, have good knowledge, are creative, independent, disciplined and become citizens who are democratic and responsible, and one of the activities that is able to change it is scouting extracurricular activities. The research method used in this research is a qualitative descriptive method with 30 respondents in eighth grade. Data collection is done through interviews, observations, and documents. Data analysis technique is done by presenting data, data reduction, and drawing conclusions. The results of this study indicate that character education can be obtained namely, the accuracy of program targets, program implementation, and program monitoring in scouting extracurricular activities for disciplined character education. More than half of the students enjoyed participating in scouting activities, and stated that scouting activities needed to be carried out at school. Based on this research, scouting activities can be an alternative in discipline character education.


Abstrak

Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan terhadap pendidikan karakter dalam kedisplinan di SMPIT Zaid Bin Tsabit Bogor. Pembentukan karakter ini sangat penting, pendidikan di Indonesia harus memiliki perkembangan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dani bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu cakap, kreatif, mandiri, disiplin dan menjadi warga negara yangi demokratis serta bertanggung jawab, dan salah satu kegiatan yang mampu merubahnya adalah kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penilitian ini adalah metode diskriptif kualitatif dengan responden sebanyak 30 orang pada kelas delapan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter dapat diperoleh yakni, ketepatan sasaran program, pelaksanaan program, dan pemantauan program dalam kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan terhadap pendidikan karakter kedisiplinan. Lebih dari setengahnya siswa senang mengikuti kegiatan kepramukaan, dan menyatakan bahwa kegiatan kepramukaan perlu dilaksanakan di sekolah. Berdasarkan penelitian ini, kegiatan kepramukaan dapat menjadi alternatif dalam pendidikan karakter kedisiplinan.


Keywords


ekstrakurikuler; pramuka; pendidikan karakter; kedisplinan.

Full Text:

PDF

References


Jihad, Asep. 2010. Pendidikan Karakter Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Mujahidin, E, Pawitasari, Erma, Fattah, Nanang. 2015. Pendidikan Karakter Bangsa dalam Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 4, No. 1

Mujahidin, E, Soleha, Husain, Adian. 2015. Implementasi Pengembangan Karakter Keagamaan Dan Potensi Kecerdasan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 4, No. 2

Mujahidin, E, Mansur, Tafsir, Ahmad. 2016. Model Pengajaran Karakter Kejujuran Menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 5 No. 1

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. 2010. Bahan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD), Magelang : Binaputrakarana

Syakir, M. 2017. Analisis Kegiatan Pendidikan Ekstrakurikuler Untuk Pembentukan Karakter Disiplin Siswa. Jurnal Mirai Management, Vol. 2 No. 1

Sharbini, Amirullah. 2012. Buku Pintar Pendidikan Karakter. Panduan Lengkap Mendidik Karakter Anak di Sekolah Madrasah dan Rumah. Bandung: Prima Pustaka.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suyanto. 2010. Model Pembinaan Pendidikan Karakter di Lingkungan Sekolah. Bandung: Remaja Rosda.

Undang-Undang No.12. Tahun 2010. Tentang Gerakan Pramuka. Sekretariat Negara

Yanti, N. 2016. Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Rangka Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Siswa Untuk Menjadi Warga Negara Yang Baik. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Vol. 6 No. 11




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/jpls.v12i2.2793

Article Metrics

Abstract view : 1062 times
PDF - 1544 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nur Qoyimatul Uyun Al Azizi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats