Hubungan antara pola asuh orangtua yang sama-sama bekerja dengan perkembangan kepribadian anak usia 4-6 tahun

Authors

  • Rumaisya Nur Fadhilah Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpls.v12i2.2794

Keywords:

Pola Asuh, Orangtua, Kepribadian Anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk memperoleh data dan informasi tentang pola asuh orangtua yang sama-sama bekerja di wilayah Blok M Taman Cimanggu Kota Bogor. 2) Untuk memperoleh data dan informasi tentang perkembangan kepribadian anak usia 4-6 tahun  di wilayah Blok M Taman Cimanggu Kota Bogor. 3) Untuk memperoleh informasi mengenai ada tidaknya hubungan pola asuh orangtua yang bekerja dengan perkembangan kepribadian anak usia 4-6 tahun  di wilayah Blok M Taman Cimanggu Tanah Sareal Kota Bogor. Penelitian menggunakan metode survey dengan 75 KK responden sampel yang diambil secara acak dari total populasi penelitian sebanyak 92 KK.  Metodologi yang digunakan dalam penelitian adalah metode survey dengan pendekatan korelasional yang terdiri dari variabel bebas, yaitu pola asuh orang tua yang sama-sama bekerja dan sebagai variabel terikat adalah perkembangan kepribadian  anak usia 4-6 tahun. Penelitian dilaksanakan di wilayah Blok M Perumahan Taman Cimanggu Kelurahan Kedungwaringin Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor mulai bulan Maret sampai dengan bulan Agustus tahun 2019. Untuk teknik analisis data hasil penelitian menggunakan uji statistik berupa korelasi sederhana dan regresi sederhana.  Pengujian hipotesis penelitian dilakukan pada taraf signifikansi 0,05.  Hasil dari penelitian ini adalah, terdapat hubungan positif yang kuat dan sangat signifikan antara Pola asuh orangtua yang sama-sama bekerja dengan Perkembangan kepribadian anak usia 4-6 tahun.

References

Agus Ruslan. Pendidikan Usia Dini yang Baik, Landasan Keberhasilan Pendidikan Masa Depan. Darul ma'arif: Bandung. 2007.

Alwisol. Psikologi Kepribadian. Malang : UMM Press. 2009.

Amirin, M.T. Menyusun rencan penelitian. Jakarta: Rajawali Pres. 1990.

Arikunto, S. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Rev. Jakarta: Rineka Cipta. 2006.

Baron. R.A. dan Byrne. D. Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga. 2005.

Bishop. Dukungan Sosial Terhadap Keluarga. Jakarta: Rajawali Pers. 2002.

Casmini. Emotional Parenting: Dasar-dasar Pengasuhan Kecerdasan Emosi Anak. Yogyakarta: Pilar Media. 2007.

Dalyono. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta. 2002.

Darsinah.. Perkembangan Kognitif. Solo Baru : PT. Qinant. 2011.

Desmita. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya. 2007.

Dimyati Mahmud. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Terapan. Yogyakarta: BPFE.1990.

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Depdiknas. Kerangka Dasar Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Negeri Jakarta: Jakarta. 2007.

Djamarah, S.B. Pola Komunikasi Orangtua dan Anak dalam Keluarga. Jakarta: Ghalia Indonesia. 2004.

Enoch, M.M. Anak, Keluarga, dan Masyarakat. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan. 2005.

Fathus Salamiah. Hubungan Tingkat Ekonomi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar PKN siswa kelas VII SMPN 21. Pekanbaru. 2009.

Gerungan. Psikologi Sosial. Bandung: PT Refika Aditama. 2004.

Gunarsa, S. & Gunarsa, Y.S. Psikologi perkembangan Anak dan Remaja. 2006.

Hadis, F.A. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta : Proyek Pendidikan Tenaga Guru Ditjen Dikti Depdikbud. 1996.

Hartati, S. Perkembangan Belajar pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi. 2005.

Hurlock, Elizabeth. B. Child Development, Sixth Edition. New York : Mc. Graw Hill, Inc. 1978.

King, Laura A. Psikologi Umum : Sebuah Pandangan Apresiatif. Bandung : Salemba Humanika. 2010.

Marsiyanti, T. & Harahap, F. Psikologi Keluarga. FIP UNY. 2000.

Purwanto, M. Ngalim. Psikologi Pendidikan. Bandung : Rosdakarya. 2006.

Sambas Ali M. dan Maman A,. Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur Dalam Penelitian. Bandung : Pustaka Setia. 2007.

Santrock, John W. Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga. 2007.

Santrock, John W. Life Span Development. Jakarta : Erlangga, 2006.

Shochib, M. Pola asuh orangtua untuk membantu anak mengembangkan disiplin diri. Jakarta: Rineka Cipta. 2000.

Snyder, C.R. & Lopez, J Shine. Handbook Of Positive Psycology. Oxford : Oxford University Press. 2002.

Sobur, Alex. Psikologi Umum, Edisi Revisi. Bandung : CV. Pustaka Setia. 2016.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : PT. Alfabeta. 2018

Sujiono. Konsep Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : PT. INDEKS. 2011.

Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 2011.

Syamsu, Yusuf LN. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya. 2012.

Syaodih Sukmadinata. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. : PT Remaja. Bandung. 2003.

Tridhonanto. Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: Elex. 2014.

Weldiati. Pengaruh Pendapatan dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMAN 2 Siak Hulu Kampar. 2010.

Wina Sanjaya. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta : Kencana. 2013.

Downloads

Published

2018-11-08

How to Cite

Fadhilah, R. N. (2018). Hubungan antara pola asuh orangtua yang sama-sama bekerja dengan perkembangan kepribadian anak usia 4-6 tahun. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 12(2), 51–59. https://doi.org/10.32832/jpls.v12i2.2794

Issue

Section

Articles