Evaluasi pembelajaran kesetaraan Paket C dalam meningkatkan kualitas lulusan

Authors

  • Rani Saidah Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpls.v12i2.2795

Keywords:

Evaluasi Pembelajaran, Paket C, Kualitas Lulusan

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui evaluasi pembelajaran Kesetaraan Paket C di PKBM Citra Pakuan Bogor. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi pembelajaran Kesetaraan Paket C di PKBM Citra Pakuan Bogor. 3) Untuk mengetahui faktor-faktor mendukung dan menghambat peningkatan kualitas lulusan Paket C di PKBM Citra Pakuan Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif analisis adalah metode penelitian yang menggambarkan secermat mungkin tentang beberapa kemungkinan untuk memecahkan masalah yang aktual dengan jalan mengumpulkan data, menyusun atau mengklarifikasikannya. Hasil penelitian ini adalah evaluasi pembelajaran Kesetaraan Paket C di PKBM Citra Pakuan Bogor telah dilakukan dengan baik berdasarkan keberhasilan evaluasi dan dipengaruhi oleh keberhasilan evaluator dalam melaksanakan prosedur evaluasi. Prosedur yang dimaksud ialah langkah-langkah pokok yang harus ditempuh dalam kegiatan evaluasi. Peningkatan kualitas lulusan Kesetaraan Paket C di PKBM Citra Pakuan Bogor bertujuan untuk meningkatkan kualitas lulusan warga belajar yang mencakup aspek kecakapan personal, kecakapan sosial, kecakapan intelektual, dan kecakapan vokasional Faktor-faktor mendukung dan menghambat peningkatan kualitas lulusan Paket C di PKBM Citra Pakuan Bogor dipengaruhi oleh adanya beberapa faktor pendukung dan tidak terlepas juga adanya faktor penghambat. Faktor pendukung yang ditemukan antara lain: (1) Dukungan dari Dinas Pendidikan Kota Bogor, (2) Dukungan dari masyarakat sekitar, (3) Popularitas lembaga, (4) Kepercayaan lembaga mitra, (5) Komitmen Pengelola, (6) Fasilitas yang memadai, (7) Motivasi belajar yang tinggi, (8) Adanya program pengembangan unit usaha sebagai bentuk lapangan pekerjaan bagi warga belajar dan (9) Keikutsertaan pengelola dalam diklat dan workshop. Sedangkan faktor yang menjadikan hambatan pengelolaan adalah dari hal pendanaan dan konsep belajar warga belajar tentang pendidikan sepanjang hayat yang masih kurang. Sedangkan faktor yang menjadikan hambatan adalah (1) Faktor ekonomi, (2) Warga belajar yang bermalas-malasan, (3) Masalah cuaca yang kurang bersahabat, (4) Kondisi lingkungan, dan (5) Faktor keluarga.

References

Agus Piliang, Zulkifli. http://arifsulistyo.wordpress.com/jurusan-pls/kejar-paket-c/.

Usman, Husaini, (2016). Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta : PT Bumi Aksara.

Sudjana, Nana, (2015). Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Luar Sekolah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Bandung: Falah Production.

Idris, M., (2015). Strategi dan Metode Pengajaran: Menciptakan Keterampilan Mengajar yang Efektif dan Edukatif, Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Rahardjo, Susilo, (2015), Pemahaman Individu Teknik Non Tes, Kudus: Nora Media Enterprise.

Arifin, Zainal, (2014). Evaluasi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2018-11-08

How to Cite

Saidah, R. (2018). Evaluasi pembelajaran kesetaraan Paket C dalam meningkatkan kualitas lulusan. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 12(2), 60–71. https://doi.org/10.32832/jpls.v12i2.2795

Issue

Section

Articles