Upaya meningkatkan akhlak anak usia dini (5-6tahun) melalui pelajaran praktik langsung dan bercerita

Rachmawati Rachmawati

Abstract


Pendidikan Ahlak merupakan pondasi dalam menumbuhkan generasi yang berdaya guna. Pendidikan Ahlak harus sudah di namakan sejak usia dini,karena pada masa ini anak memiliki kemampuan yang lebih besar untuk mampu menyerap stimulus yang diberikan.Guru seyogyanya mampu memilih strategi ideal yang di gunakan agar dapat mensukseskan pendidikan ahlak.Selain itu perlu juga memperhatikan langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mengoptimalkan pelaksanaan pendidikan akhlak tersebut. penelitian ini menggunakan jenis penelitian Library Research, dengan menggunakan analisa rasionalistik, untuk membentuk insan kamil, pendidikan akhlak pada anak usia dini harus menanamkan nilai-nilai karakter diantaranya cinta Allah dan Rasulnya, disiplin, baik, bertanggung jawab dan mandiri, jujur, amanah, hormat dan santun, perduli, kasih sayang, kerjasama, percaya diri, kreatif, dan pantang menyerah, berjiwa kepemimpinan, adil, rendah hati, cinta damai dan toleran. Strategi pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran ini yaitu Inkulkasi Nilai, strategi pembinaan, keteladanan, pengembangan serta keteramplan akademik dan sosial, dan strategi fasilitasi. Langkah penerapan pendidikaan akhlak diawali dengan akhlak perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan konsep Upaya Meningkatkan Akhlak Anak Usia Dini (5-6Tahun) Melalui Pelajaran Praktik Langsung dan Bercerita di RA.Asiyah Cilendek Timu.Metode Praktik langsung dan Bercerita

 


Keywords


Akhlak; Anak Usia Dini; Bercerita

Full Text:

PDF

References


Arief, Armai, pengantar ilmu dan metodologi pendidikan islam, Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2002

Asari, Hasan, Nukilan pemikiran islam klasik gagasan pendidikan abu hamid Al-Ghazali Medan: LAIN Press, 2012.

Ayyas, Abu 2011, Menggagas Pendidikan Islam, Al-Azhar Press, Bogor.

Daulay, Putra Haidar, Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia, Jakarta: Pernada Media, 2004.