Pengaruh latar belakang pendidikan dan bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar siswa

Authors

  • Sri Rezeki Astuti
  • Salfiyah Isma Dayanti Univertas Ibn Khaldun Bogor
  • Nujumul Laily Univertas Ibn Khaldun Bogor
  • Raudhah Aisyu Hasanah Univertas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpls.v12i1.2878

Keywords:

Bimbingan, Motivasi, Pendidikan.

Abstract

 

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa motivasi belajar siswa tergolong rendah, masih banyak siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran. Adapun tujuan penelitian yang akan kami lakukan yaitu untuk: 1) Untuk menganalisis latar belakang pendidikan orang tua Mts Darul Himmah. 2) Untuk menganalisis seberapa penting bimbingan orang tua dalam motivasi belajar siswa Mts Darul Himmah. 3) Untuk menganalisis pengaruh latar belakang pendidikan dan bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar siswa MTs Darul Himmah Depok.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel 77 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji regresi linear ganda dengan SPSS 16. Berdasarkan data SPSS 16, diperoleh nilai Fhitung sebesar 10,212 dengan nilai probalitas (Sig) 0,000.karena nilai probalitas (Sig) 0,000 < 0,05 maka model persamaaan regresi berdasarkan data penelitian adalah signifikan.Model persamaan regresi berganda untuk memperkirakan motivasi belajar siswa yang dipengaruhi oleh latar belakang pendidikan dan bimbingan orang tua adalah 5.632 + 0.120Xâ‚ + 0.342Xâ‚‚. Kesimpulan penelitian ini yaitu latar belakang pendidikan orang tua tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa.Terdapat pengaruh yang signifikan antara bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar siswa.

 

Abstract

This research is motivated by the results of observations and experiences of researchers that student motivation is relatively low, there are still many students who are less active in learning. The purpose of the research we will do is to: 1) To analyze the educational background of MTs Darul Himmah's parents. 2) To analyze how important parental guidance is in students' motivation in MTs Darul Himmah. 3) To analyze the influence of educational background and parental guidance on student motivation in MTs Darul Himmah Depok. This study uses a quantitative approach with a sample of 77 students. Data collection techniques using questionnaire. The data obtained were then analyzed using the multiple linear regression test with SPSS 16. Based on the SPSS 16 data, a Fount value of 10.212 was obtained with a probability value (Sig) of 0.000. Because the probability value (Sig) of 0,000 <0.05, the regression equation model was based the research data is significant. The multiple regression equation models for estimating student motivation is influenced by educational background and parental guidance is 5,632 + 0.120Xâ‚ + 0.342Xâ‚‚. The conclusion of this study is that the educational background of parents does not have a significant effect on student motivasion. There is a significant influence between parental guidance on student motivasion.

References

Anindhiya Setyaningrum. 2015. Pengaruh dukungan social orang tua terhadap motivasi berprestasi siswa kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Arlinda Restuadyani Maghfirro. 2017. Pengaruh latar belakang orang tua terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Gedeg Kabupaten Mojekerto. Edisi Yudisium. Volume 5 (1): Hal.6

Didik Kurniawan. 2014. Pengaruh perhatian orang tua, moyivasi belajar, dan lingkungan social terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Volume 1 (2): Hal.186

Fajriyah Nurhidayah. 2012. Hubungan antara dukungan orang tua dengan motivasi belajar siswa di SD Negeri Bumi satu Laweyan Surakarta.

Nike Pratiwi Suciningrum & Endang Sri Rahayu. 2015. Pengaruh social ekonomi orang tua dan motivasi belajar terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada kelas XI di SMA Pusaka 1 Jakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis. Volume 3 (1): Hal.18-19

Putra Dinata, Mega Iswari, Mudjiran. 2016. Kontribusi konsep diri dan dukungan orang tua terhadap motivasi belajar siswa dan implikasinya dalam pelayanan bimbingan dan konseling. Konseling. Volume 5 (1): Hal.11

Septian Kurnia & Sugeng Muslimin. 2017. Pengaruh latar belakang pendidikan formal orang tua terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII dalam mata pelajaran IPS di SMPN 1 Lemahabang Kabupaten Cirebon. Jurnal Edunomic. Volume 5 (01): Hal.54-55

Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.2014

Tety Nur Cholifah, I Nyoman Sudana Degeng, Sugeng Utaya. 2016. Pengaruh latar belakang tingkat pendidikan orang tua dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada kelas IV SDN Kecamatan Sanawetan Kota Blitar. Jurnal Pendidikan. Volume 1 (3): Hal.490

Waidi, Didin Saefudin,dan Endin Mujahidin,2019. Pengaruh motivasi keluarga terhadap prestasi belajar siswa: Studi kasus di MTs Al-Azhar Tuwel. Jurnal pendidikan Islam Volume 8/No:02:hal.212

Wening Patmi Rahayu. 2011. Analisis intensitas pendidikan oleh orang tua dalam kegiatan belajar anak, status social ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Volume 18 (1): Hal.79

Downloads

Published

2018-05-01

How to Cite

Astuti, S. R., Dayanti, S. I., Laily, N., & Hasanah, R. A. (2018). Pengaruh latar belakang pendidikan dan bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 12(1), 1–8. https://doi.org/10.32832/jpls.v12i1.2878

Issue

Section

Articles