Pengaruh penggunaan handphone terhadap prestasi mahasiswa

M. Naufal Annafi, Difa Haikal Nikmatullah, Hidayatulloh Hidayatulloh

Abstract


Abstrak

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dewasa inisangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Handphone adalah  salah  satu  produk dari  teknologi  ini yang  telah mengubah  perilaku komunikasi manusia dengan menembus ruang dan waktu. Handphonemerupakan sarana komunikasi yang praktis, ringan, dan mudah dibawa kemana-mana. Data penguna handphonedi Indonesia yang mencapai 250 juta jiwa. Lembaga riset digital marketing Emarketer memperkirakan pada 2018 jumlah pengguna aktif smartphone di Indonesia lebih dari 100 juta orang. Mahasiswa memiliki  peranan penting dalam pemanfaatan handphone. Mahasiswa  akan  lebih  mudah  untuk  mengakses  pelajaran  dari  pada  sebelumnya. Dalam penelitian ini kami menggunakan metodekualitatif,berusaha untuk mengetahui penggunaan handphone terhadap prestasi belajar mahasiswa di Universitas Ibnu Khaldun Bogor.

 

Abstract

The development of information and communication technology today is very useful for the community. Mobile is one of the products of this technology that has changed the behavior of human communication by penetrating time and space. Mobile is a means of communication that is practical, lightweight, and easy to carry anywhere. Data for mobile phone users in Indonesia reached 250 million. Digital marketing research institute Emarketer estimates that in 2018 there will be more than 100 million active smartphone users in Indonesia. Students have an important role in using mobile phones. Students will find it easier to access lessons than ever before. In this study we used a qualitative method, trying to determine the use of mobile phones for student achievement at the University of Ibnu Khaldun, Bogor.


Keywords


Handphone, prestasi, mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Arifin. 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Kasus, S. S. P., 2013. ‘Perancangan Enterprise Architecture Planning ( Eap ) Pada Proses Manajemen Aset Dengan Zachman Framework’. Volume 1, pp. 97-110.

Mujahidin, Endin dan Pancawati, Aguswati Dian. 2018. Pengaruh Materi Cerita Terhadap Perkembangan Kepribadian Anak. Edukasi Islam: Jurnal Pendidikan Islam.

Nasution. 2010. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurkancana, Wayan. 1986. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional

Sugiarto, Iwan. (2004). Mengoptimalkan Daya Kerja Otak Dengan Berfikir Holistik dan Kreatif. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/jpls.v12i1.2880

Article Metrics

Abstract view : 769 times
PDF - 520 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 M. Naufal Annafi, Difa Haikal Nikmatullah, Hidayatulloh Hidayatulloh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats