Media pembelajaran pop-up book untuk belajar angka Hijaiah

Authors

  • Ani Safitri Prodi Pendidikan Masyarakat, Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Jihan Solehatun Nisa Prodi Pendidikan Masyarakat, Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpls.v14i2.3593

Keywords:

media pembelajaran, pop-up book, angka hijaiah

Abstract

This study aims to improve the ability to recognize hijaiah numbers by using pop-up book media in the learning process of understanding hijaiah numbers in Abesin children, by identifying the increase in the ability to understand hijaiah numbers in children which includes reading hijaiah numbers, reciting hijaiah numbers, and writing hijaiah numbers. Research respondents are children Jl. Abesin Gang Masjid RT 03 and RW 04. The results of this activity program indicate that pop-up book media can improve the ability to understand the respondents' hijaiah numbers. This is shown from the results of data collection from interview instruments, observation, documentation and tests, from the data collection sheets in the learning process there is a significant increase. In pre-learning learning activities without using pop-up book media by 30%, after the implementation of learning it can increase to 100% of the learning activities carried out and get a positive response because the learning carried out is innovative and meaningful

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka hijaiah dengan menggunakan media pop-up book  pada proses pembelajaran memahami angka hijaiah pada anak-anak Abesin, dengan mengidentifikasikan peningkatan kemampuan memahami angka hijaiah anak yang meliputi membaca angka hijaiah, melafalkan angka hijaiah, dan menulis angka hijaiah. Responden penelitian merupakan  anak-anak Jl. Abesin Gang Masjid RT 03 dan RW 04. Hasil program kegiatan ini menunjukkan bahwa media pop-up book dapat meningkatkan kemampuan memahami angka hijaiah responden. Hal ini ditunjukkan dari hasil pengumpulan data dari instrumen wawancara, observasi, dokumentasi dan tes, dari lembar pengumpulan data tersebut pada proses pembelajaran adanya peningkatan secara signifikan. Pada kegiatan pembelajaran yang dilakukan pra-pembelajaran tanpa menggunakan media pop-up book sebesar 30%, setelah pelaksanaan pembelajaran sudah dapat meningkat menjadi 100% dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan dan mendapat respons yang positif karena pembelajaran yang dilakukan inovatif dan bermakna.

References

Febrianto, M. F. M. (2014). Penerapan Media dalam Bentuk Pop Up Book pada Pembelajaran Unsur-unsur Rupa untuk Siswa Kelas 2 SDNU Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik. Jurnal Seni Rupa, 2(2).

Hawarya, Y., & Warso, A. W. D. D. (2014). Pengembangan pop-up module pembelajaran biologi pada materi pencemaran dan pelestarian lingkungan untuk siswa SMA kelas X. JUPEMASI-PBIO, 1(2).

Imroatun, I. (2017). Pembelajaran Huruf Hijaiyah bagi Anak Usia Dini. 2, 175–188.

Naufaliawan, A. H., Isnanto, R. R., & Windasari, I. P. (2015). Pengembangan Permainan Untuk Pembelajaran Angka Dan Huruf Hijaiyah Berbasis Android. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 3(2), 275–281.

Safri, M., Sari, S. A., & Marlina, M. (2017). Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book pada Materi Minyak Bumi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 107–113.

Wulandari, N., Hendratno, H., & Indarti, T. (2020). Development of Pop-Up Book Media based on Balanced Literacy Approach to Improve Skills of Reading Class 1 Students Basic School. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(5), 619–627.

Yasinta, J. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Project Based Learning untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas VII di SMP Tamansiswa Teluk Betung [Skripsi]. UIN Raden Intan.

Downloads

Published

2020-11-16

How to Cite

Safitri, A., & Nisa, J. S. (2020). Media pembelajaran pop-up book untuk belajar angka Hijaiah. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 14(2), 85–92. https://doi.org/10.32832/jpls.v14i2.3593

Issue

Section

Articles