Pembentukan karakter religius perspektif Surat Al-Kafirun

Dia Hidayati Usman, Amir Faishol Fath

Abstract


This study aims to formulate tauhidic education by focusing on surat al-Kafirun in the interpretation of "Fi Zhilal al-Qur’an" by Sayyid Quthb. This research is library research with a thematic interpretation approach. In this study, the method that will be used is the "per-surah thematic interpretation" approach. It is said that the thematic approach is per-surah because specifically, this study will examine the surah of al-Kafirun in-depth with a focal point on monotheistic education. Specifically, the study refers to the interpretation of "Fi Zhilal al-Qur’an" by Sayyid Quthb. This study yielded two findings. First, the main essence of surat al-Kafirun is to instill tauhid in human beings to form a strong personality. Second, the main essence of the surah of Al-Kafirun' is the development of three dimensions of religious character: (a) theological dimension, (b) ritual dimension (c) comparative dimension.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk akan merumuskan pendidikan tauhid dengan fokus kepada surat al-Kafirun dalam tafsir “Fi Zhilal al-Qur’an” karya Sayyid Quthb. Penelitian ini adalah penelitian studi pustaka (library research) dengan pendekatan tafsir tematik.  Dalam penelitian ini, metode yang akan digunakan adalah pendekatan “tafsir tematik per-surat”. Dikatakan pendekatan tematik per-surat, sebab secara khusus penelitian ini akan mengkaji surat al-Kafirun secara mendalam dengan titik fokus kepada pendidikan tauhid. Secara khusus, penelitian merujuk kepada tafsir “Fi Zhilal al-Qur’an” karya Sayyid Quthb. Penelitian ini menghasilkan dua temuan. Pertama, bahwa inti pokok surat al-Kafirun adalah menanamkan hakikat tauhid dalam diri manusia untuk membentuk kepribadian yang kokoh. Kedua, inti pokok surat Al-Kafirun adalah pembangunan tiga dimensi karakter religius: (a) dimensi teologis, (b) dimensi ritual (c) dimensi komparatif.


Keywords


karakter; komparatif; religius; teologis

Full Text:

PDF

References


Akmansyah, M. (2016). Tujuan Pendidikan Rohani Dalam Perspektif Pendidikan Sufistik. Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 9(1), 91–108.

al-Khalidi, S. (2012). Al-Tafsir al-Maudhui baina al-nazhariyah wa al-tathbiq. Daru al-Nafais.

al-Nabulsi, M. R. (2016). Tafsir al-Nabulsi. Muassah al Fursan.

al-Razi, F. (1994). Tafsirul fakhrur Razi al mustahar bit tafsiril kabiir. Darul Fikr.

al-Zuhaily, W. (1991). Al-Tafsir al-Munir fi al-aqidah wa al-Syariah wa al-manjah. Darul Fikr Al Mua’ashir.

Ardana, I. K., Arnyana, I., & Setiawan, I. (2013). Studi Komparatif Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kinerja Ilmiah Biologi SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(1).

Connoly, P. (Ed.). (2002). Aneka Pendekatan Studi Agama. LKiS.

Dirwan, D., Bunyamin, B., & Umrah, S. (2018). Perintah Membaca dalam Al-Qur’an Perspektif Pendidikan (Surah Al-Alaq). AL-FIKR: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 34–47.

Hayyan, A. (1993). Tafsir al-Bahr al-Muhith. Darul Kutub Al Ilmiyah.

Ibn-Katsir. (1998). Tafsir al-Quran al-Azhim. Maktabha Darul Faiha.

Islamiyah, K. (2015). Nilai-nilai pendidikan Islam dalam Al-Qur’An Surat Al-Baqarah Ayat 30-39.

Jannah, F. (2013). Pendidikan Islam dalam sistem pendidikan nasional. Dinamika Ilmu, 13(2).

Laksana, S. D. (2016). Urgensi Pendidikan Karakter Bangsa di Sekolah. MUADDIB: Studi Kependidikan dan Keislaman, 5(2), 167–184.

Nikmah, F. (2020). Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Tradisi Apitan di Desa Serangan, Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak. Handep: Jurnal Sejarah dan Budaya, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.33652/handep.v3i2.113

Quthb, S. (1982). Fi Zhilal al-Qur’an: Vol. VI. Dar al-Syuruq.

Rachmat, N. (2013). Reaktualisasi Teologi Islam dalam Pendidikan. Jurnal Studi Al-Qur’an, 9(1), 1–14.

Rahmawati, E., Hanafi, H., & Hanafi, F. (2019). Nilai-nilai Pendidikan yang Terkandung dalam Ritual Kangkilo pada Masyarakat Muna Desa Warambe. Jurnal Bastra (Bahasa Dan Sastra), 4(1), 169–183. https://doi.org/10.36709/jb.v4i1.10730

Riadi, M. (2019). Nilai-nilai pendidikan akidah dalam surah Al-Kahfi [Disertasi]. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Riswanti, Y. (2008). Urgensi Pendidikan Islam dalam Membangun Multikulturalisme. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2).

Tahang, J. H. (2010). Urgensi Pendidikan Agama Dalam Keluarga Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 7(2), 163–178.

Thonthowi. (2008). Pendidikan dan Tradisi, Menakar Tradisi Pendidikan Pesantren. Tradisi, 3(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/jpls.v14i2.3636

Article Metrics

Abstract view : 675 times
PDF - 1175 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Dia Hidayati Usman, Amir Faishol Fath

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats