Upaya mengatasinya perilaku perundungan pada usia remaja

Indo Tang, Wido Supraha, Imas Kania Rahman

Abstract


The purpose of this study was to determine the characteristics of victims of bullying in adolescence and various efforts to overcome bullying. The research method used is qualitative research with data collection using field research. The research was conducted in two places. The first research is at Full Day school, SMPIT Ummul Quro Bogor, and the second research is in a boarding school, namely SMP Integral Hidayatullah Depok. The data were obtained by conducting interviews with students, counseling teachers and school principals. This study found several characteristics of victims of bullying and efforts to overcome bullying behavior from the aspects of prevention, supervision and guidance (to perpetrators and victims).


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ciri-ciri korban perundungan pada usia remaja dan berbagai upaya mengatasi perundungan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan penelitian lapangan. Penelitian dilakukan di dua tempat. Penelitian pertama yaitu di sekolah Full Day, SMPIT Ummul Quro Bogor, dan penelitian kedua yaitu di sekolah berbasis pesantren (boarding School) yaitu SMP Integral Hidayatullah Depok.  Data diperoleh dengan melakukan wawancara kepada siswa, guru BK dan kepala sekolah. Penelitian ini menemukan beberapa ciri-ciri korban perundungan dan upaya mengatasi perilaku perundungan dari aspek pencegahan, pengawasan serta pembinaan (kepada pelaku dan korban).


Keywords


korban; perundungan; remaja

Full Text:

PDF

References


Al-Asyhar, T. (2019). Apa Kata Islam Tentang Bullying? https://bimasislam.kemenag.go.id/post/opini/apa-kata-islam-tentang-bullying

Angka Bullying di Lingkungan Pendidikan Mencengangkan! (2018, September 22). MalangToday.Net. https://malangtoday.net/bungkus/angka-bullying-di-lingkungan-pendidikan-mencengangkan/

Creswell, J. W. (2016). Research design: Pendekatan metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran. Pustaka Pelajar.

Julia, Y. (2017). Penafsiran tentang Ayat-ayat Al-Qur’an yang Berkaitan dengan perilaku Bullying: Studi Komparatif antara Tafsir Al-Qur’anul Majid An-Nuur dan Tafsir Al-Maraghi [Diploma, UIN Sunan Gunung Djati Bandung]. http://digilib.uinsgd.ac.id/6034/

Kesaksian Korban Bullying dan Cara Mencegahnya. (2019, May 28). https://www.youtube.com/watch?v=RZv-aQ1aJSA

KPAI Suarakan Tolak Bullying di Hari Anak Nasional. (2019). Gatra. https://www.gatra.com/detail/news/431918/milenial/kpai-suarakan-tolak-bullying-di-hari-anak-nasional

Kurnia I. (2020). Bullying. Istana Media.

Priyatna, A. (2010). Let’s end bullying: Memahami, mencegah, dan mengatasi bullying. Elex Media Komputindo.

Putra, N., & Lisnawati, S. (2013). Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama Islam. PT Remaja Rosdakarya.

Sakban, A., & Sahrul. (2019). Pencegahan Cyber Bullying di Indonesia. Deepublish.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Wardhana, K. (2015). Buku Panduan Melawan Bullying. Layanan Pengaduan KPPPA.




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/jpls.v14i2.3804

Article Metrics

Abstract view : 214 times
PDF - 213 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Indo - Tang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats