RANCANG BANGUN PERANGKAT AUTOMATIC TRANSFER SWITCH (ATS) GENSET 1.200 VA SEBAGAI ENERGI LISTRIK CADANGAN

Ifan Sufiyan Tsauri, Deni Hendarto

Abstract


Telah dilakukan penelitian tentang rancang bangun perangkat Automatic Transfer Switch (ATS) genset dengan kapasitas 1200 VA untuk pengoperasian energi listrik cadangan dalam kondisi darurat. Penggunaan genset kini bukan hanya untuk bangunan-bangunan besar atau pabrik saja, karena kini genset juga digunakan dalam skala rumah tangga dan bangunan komersial skala kecil/menengah. Ketika terjadi pemadaman catu daya utama (PLN), maka dibutuhkan suplai cadangan listrik pada kondisi tersebut. Rancang bangun ini dilakukan dengan pembuatan gambar rancangan rangkaian, penentuan dan pengadaan komponen, proses pemasangan dan perakitan, hingga tahap yang terakhir adalah pengujian fungsi alat. Rancang bangun perangkat panel Automatic Transfer Switch (ATS) yang dibuat dapat beroperasi dengan baik dan telah sesuai dengan yang direncanakan. Tujuan yang diperoleh, yaitu: hasil rancang bangun sistem otomatis pengoperasian genset sebagai energi listrik cadangan dalam kondisi darurat untuk skala rumah tangga dan bangunan komersial dan data hasil pengujian sistem otomatis pengoperasian genset sebagai energi listrik cadangan dalam kondisi darurat. Hasil pengujian fungsi perangkat panel Automatic Transfer Switch (ATS) dengan cara mengoperasikan secara manual dan otomatis diperoleh bahwa perangkat hasil rancang bangun mampu mengalihkan daya listrik dari sumber daya utama (PLN) ke genset dalam waktu 5 detik atau sesuai setelan/settingan timer.

Full Text:

PDF

References


Hidayah Aprilawati, Perancangan Unit Instalasi Genset Di PT AICHI TEX INDONESIA, Tugas Akhir, Politeknik Negeri Bandung, 2007.

Sumanto, Mesin Sinkron (Generator Sinkron dan Motor Sinkron). Andi Yogyakarta: Yogyakarta, 1996.

Sunarno, Mekanikal Elektrikal, ANDI,Yogyakarta, 2005.

P.Van Harten dan E. Setiawan, Instalasi Listrik Arus Kuat II1, Bina Cipta: Bandung, 1983.

Panitia PUIL, Persyaratan Umum Instalasi Listrik 2000 (PUIL 2000), Yayasan PUIL:Jakarta, 2000.

Daman Suswanto, Sistem Distribusi Tenaga Listrik (Edisi Pertama), Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik. Universitas Negeri Padang, Padang, 2009.

PT PLN (Persero), Buku I: Kriteria Disain Enjinering Konstruksi Jaringan Distribusi Tenaga Listrik, Kelompok Kerja Standar Kontruksi Jaringan Disribusi Tenaga Listrik dan Pusat Penelitian Sains dan Teknologi Universitas Indonesia, Jakarta, 2010.

Adeng Lukmantara, KOMPONEN KOMPONEN PADA PANEL, Tersedia: http://aloekmantara.blogspot.co.id/2014/05/komponen-komponen-pada-panel.html.

Pabla, As & Hadi, Ir. Abdul, Sistem Distribusi Tenaga Listrik, Erlangga, Jakarta, 1991.




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/juteks.v4i2.1395

Article Metrics

Abstract view : 501 times
PDF - 1603 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


     ISSN                       eISSN                  Supervised By:

  

Jl. K.H. Sholeh Iskandar km 2 Bogor 16162 Jawa Barat, Indonesia Telp/Fax: 0251-8335335