PEMBUATAN ALAT UKUR LEVEL AIR TANGKI DAN SISTEM BACKUP KENDALI PEMANAS, INSTALASI UNTAI SISTEM SIRKULASI ALAMIAH (USSA-FT01)

Authors

  • Maswan . Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/juteks.v4i1.701

Abstract

PEMBUATAN ALAT UKUR LEVEL AIR TANGKI DAN SISTEM BACKUP KENDALI PEMANAS INSTALASI UNTAI SISTEM SIRKULASI ALAMIAH (USSA-FT01). USSA-FT01 adalah sarana laboratorium di FT-UIKA, BOGOR yang dibangun untuk mempelajari fenomena-fenomena sirkulasi alamiah. Parameter yang dipantau meliputi temperatur, tekanan, laju alir, dan level air pada tangki. Khusus pada indikator level air pada tangki, telah dibuat alat ukur jenis kontinyu yang cocok dengan berbagai keadaan. Alat tersebut dibangun dari komponen Linear Variable Differential Transformer (LVDT) sebagai penguat tegangan dan PLC sebagai unit pembacaan. Selain untuk mengetahui level level air, alat ini juga dapat digunakan sebagai sistem backup pengaturan penggunaan pemanas sehingga diperoleh efesiensi daya listrik pada pemanas. Metode yang telah dilakukan, meliputi: (1) pembuatan desain penempatan LVDT sebagai alat ukur, (2) pembuatan desain LVDT sebagai alat ukur, (3) pembuatan rangkaian penguat koil primer dan sekunder, (4) Pabrikasi bahan untuk tranformator LVDT, (5) Penggulungan lilitan primer, (6) Penggulungan lilitan sekunder, (7) pengukuran resistansi koil. (8) pengintegrasian transformator dan rangkaian penguat. Karakterisasi LVDT dilakukan dengan langkah: (1) pensimulasian efek pergerakan inti, (2) eksperimen, (3) pengintegrasian LVDT dengan USSA-FT01. Tegangan di terminal keluaran 0-5 volt DC untuk diumpankan ke PLC pada masukan LIC. Tegangan terminal keluaran LIC akan di gunakan sebagai kontrol level air dengan cara mengaktifkan selenoid valve atau bahkan dapat juga digunakan sebagai sistem backup dari rangkaian kontrol pemanas. Karakteristik LVDT diperoleh: respon linier, sensitif terhadap pergerakan, dapat dipakai pada tempat basah dan mudah pabrikasinya.

Author Biography

Maswan ., Universitas Ibn Khaldun Bogor

Dosen Fakultas Teknik uika Bogor

Downloads

Published

2017-04-21

How to Cite

., M. (2017). PEMBUATAN ALAT UKUR LEVEL AIR TANGKI DAN SISTEM BACKUP KENDALI PEMANAS, INSTALASI UNTAI SISTEM SIRKULASI ALAMIAH (USSA-FT01). JuTEkS (Jurnal Teknik Elektro Dan Sains), 4(1), 1–9. https://doi.org/10.32832/juteks.v4i1.701

Issue

Section

Artikel