Analisis Pesan Dakwah pada Rubrik Hikmah Republika Online Terbitan 27 Februari – 5 Maret 2019

Authors

  • Wildan Nurdiansyah Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Ibn Khaldun Bogor Jl. KH. Soleh Iskandar KM. 2 Tanah Sareal, Bogor,16162, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32832/komunika.v4i2.4994

Abstract

The purpose of this study was 1) To find out the basic uses of Qur'an and Hadith 2) To find out whether there are da'wah message on the rubric 3) To see what da'wah methods are used. This research population is a whole rubric of hikmah, by taking samples from 27 February to 5 March 2019. This study uses a qualilative method with content analysis. The overall data is obtained from Republika, interview and various books, including the Hamka da'wah book. The results of the study found that there were foundations of the Qur'an and hadith in all writings, there are da'wah messages on all writings, the method of da'wah uses bil hikmah and mau ‘idzatil hasanah, rubric hikmah of online Republika contains amr ma'ruf and nahi munkar.

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kegunaan dasar Al-Qur'an dan Hadits 2) Untuk mengetahui ada tidaknya pesan dakwah pada rubrik 3) Untuk melihat metode dakwah apa yang digunakan. Populasi penelitian ini merupakan keseluruhan rubrik hikmah, dengan mengambil sampel pada tanggal 27 Februari sampai dengan 5 Maret 2019. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis isi. Data keseluruhan diperoleh dari Republika, wawancara dan berbagai buku, termasuk buku dakwah Hamka. Hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat landasan Al-Qur'an dan hadits di semua tulisan, ada pesan dakwah di semua tulisan, metode dakwah menggunakan bil hikmah dan mau 'idzatil hasanah, rubrik hikmah online Republika berisi amr ma'ruf dan nahi munkar.

References

Hamka, (2018) Prinsip dan Kebijakan Dakwah Islam. Depok: Gema Insasi

Qardhawi, Y. (2018) Membumikan Islam, Bandung: Mizan Media Utama

Ismail, A, I. (2018) Menggagas Paradigma Baru Dakwah Era Milenial. Jakarta: Prenadea Grup

Arabi, K, S, M. (2017) Dakwah Dengan Cerdas, Yogyakarta: Laksana

Ilahi, W. & Polah, H, H. (2012) Pengantar Sejarah Dakwah. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Apriliana, A. (2014) Implementasi Bahasa Jurnalistik Pada Rubrik Newbie Surat Kabar Tangsel Pos. Skripsi KPI Fakultas Ilmu Dakwah dan Imu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Romli, A, S. (2018) Jurnalistik Online. Bandung: Nuansa Cendikia

Munir, M. (2008) Kurikulum Berbasis Teknologi. Bandung: Alfabeta

Desiani, N. (2011) Analisis Wacana Bahasa Jurnalistik Rubrik Editorial Media Indonesia Edisi Desember 2000. Skripsi KPI Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Downloads

Published

2020-12-20

How to Cite

Nurdiansyah, W. (2020). Analisis Pesan Dakwah pada Rubrik Hikmah Republika Online Terbitan 27 Februari – 5 Maret 2019. Komunika: Journal of Communication Science and Islamic Dakwah, 4(2), 102–110. https://doi.org/10.32832/komunika.v4i2.4994

Issue

Section

Artikel