Penerapan Bahasa Jurnalistik pada Majalah Islam: Studi Kasus Majalah Hidayatullah

Authors

  • Dhita Putri Utami Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Agama Islam Universitas Ibn Khaldun Jl. Sholeh Iskandar, Kedung Badak, Tanah Sereal, Kota Bogor, Jawa Barat 16162

DOI:

https://doi.org/10.32832/komunika.v4i2.4997

Abstract

This study aims to determine: 1) News search process at Hidayatullah Magazine 2) Discussing the application of journalism language to the Hidayatullah Magazine, a spesial report section on the 9th and 11th edition of 2019. The approach used is qualitative with the method of content analysis in the special report section of the Hidayatullah Magazine,data sources used in this study are primary data, which includes observation interview in Hidayatullah Magazine 9th and 11th edition 2019 and secondary data which includes references to journal, books and other writings relating to this research. The result of this study indicate that the news search process in Hidayatullah Magazine has met the criteria for the news search process in general, namely a literature review of observations and interviews as well as the application of the language of journalism to the Hidayatullah Magazine not yet fully in accordance with the simple characteristics of a short interasting that is clearly democratic and populist. From the result of analysis found 17 data that are not in accordance with these characteristics errors occur in the theme of the word kayan which is excessive use of words that are not simple mistakes in writing words and not clearly difficult for some people to understand.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Proses pencarian berita pada Majalah Hidayatullah 2) Membahas tentang penerapan bahasa jurnalistik pada Majalah Hidayatullah rubrik khusus edisi 9 dan 11 tahun 2019. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode isi. analisis pada bagian laporan khusus Majalah Hidayatullah, sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yang meliputi wawancara observasi di Majalah Hidayatullah edisi 9 dan 11 tahun 2019 dan data sekunder yang meliputi referensi jurnal, buku dan tulisan lain yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pencarian berita di Majalah Hidayatullah sudah memenuhi kriteria proses pencarian berita secara umum yaitu tinjauan pustaka observasi dan wawancara serta penerapan bahasa jurnalistik pada Majalah Hidayatullah belum sepenuhnya sesuai dengan ciri-ciri sederhana dari interasting pendek yang jelas demokratis dan kerakyatan. Dari hasil analisis ditemukan 17 data yang tidak sesuai dengan ciri-ciri tersebut terjadi kesalahan pada tema kata kayan yaitu penggunaan kata yang berlebihan yang tidak sederhana kesalahan dalam penulisan kata dan tidak jelas sulit dipahami oleh sebagian orang.

References

Azwar, 4 Pilar Jurnalistik, Jakarta: Prenamedia Group, 2018

Biagi, Shiley, Media/Impect Pengantar Media Massa, Jakarta: Salemba Humanika, 2010

Catrawijaya, Cecep, Manajemen Media Dakwah, Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, Vol I, No 2, Juli-Desember, 2014

Donggori, Ratna Indriani, Hubungan Akses Media Massa Dengan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Pada Remaja, Jurnal Media Medika Muda, 2012

Golung, Anthonius M, Studi Tentang Pemanfaatan Majalah Ilmiah Di UPT Perpustakaan UNSRAT Oleh Mahasiswa UNSRAT Manado, Journal Acta Diurna, Vol IV, No I, Tahun 2015

Halik, Abdul, Komunikasi Massa, Makasar: Alauddin University Press, 2013

Mulyana, Erma, Analisis Wacana Karakteristik Islam Rubrik Mutiara Dakwah Pada Majalah Ummi Edisi Maret-Juni 2009, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 2010

Munawaroh, Lathifatun, Ketidakadilan Gander Dalam Majalah Ummi Online, IAIN Purwokerto, 2018

Putra, Masri Sareb, Literary Journalism, Jakarta: Salemba Humanika, 2010

Rosyid, Moh, Membingkai Sejarah Pers Islam di Tengah Terpaan Era Digital, At-Tabsyir, Vol I, No 1, Januari-Juni, 2013

Santana, Septiawan, Jurnalisme Kontemporer, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2005

Sondakh, Priska Chintia, Maskulinitas Di majalah Pria: Studi Semiotika Terhadap Rubrik Rupa Di Majalah Men's Health Indonesia, Jurnal E-Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra, Surabaya, Vol 2, No 2, 2014

Widarmanto, Tjahjono, Pengantar Jurnalistik, Yogyakarta: Araska, 2018

Zaini, Ahmad, Dakwah Melalui Media Cetak, AT-Tabsyir Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, Vol 2, No 2, Juli-Desember, 2014

Downloads

Published

2020-12-21

How to Cite

Utami, D. P. (2020). Penerapan Bahasa Jurnalistik pada Majalah Islam: Studi Kasus Majalah Hidayatullah. Komunika: Journal of Communication Science and Islamic Dakwah, 4(2), 129–135. https://doi.org/10.32832/komunika.v4i2.4997

Issue

Section

Artikel