Peran PUSKI (Pusat Kajian Islam) Dalam Membentuk Kepribadian Islami Studi Kasus Universitas Ibn Khaldun Bogor

Authors

  • Ramli Hasan Fakultas Agama Islam - Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/komunika.v5i2.5174

Abstract

Dalam pandangan Islam, hakikat kepribadian sesungguhnya merupakan konsekuensi keimanan seorang muslim, yakni bahwa ia harus memegang identitas muslimnya dalam seluruh aktivitas kesehariannya. Identitas itu nampak pada kepribadian seorang muslim, yakni pada pola berpikir (aqliyyah) dan pola bersikapnya (nafsiyyah) yg dilandaskan pada nilai-nilai ajaran Islam. Yang mana sumber nilai-nilai ajaran islam itu terdapat pada Al-Qur'an dan Hadits. Jadi secara esensial, kepribadian islam itu tersusun dari pola berpikir dan pola bersikapnya seseorang. Universitas Ibn Khaldun Bogor merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang menjunjung tinggi nilai-nilai islam dalam setiap aktifitas kampus. Dalam memaksimalkan dakwah di dalam kampus, Universitas Ibn Khaldun Bogor mengadakan beberapa kegiatan yang dilakukan oleh PUSKI (Pusat Kajian Islam).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran PUSKI dalam membentuk kepribadian islam civitas akademika Universitas Ibn Khaldun Bogor, dengan menggunakan pendekatan penelitian metode kualitatif deskriptif. Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa  program-program PUSKI tidak hanya menyusun program-program khusus untuk mahasiswa. Namun, PUSKI juga menyusun kegiatan-kegiatan yang disusun.

Downloads

Published

2021-12-26

How to Cite

Hasan, R. (2021). Peran PUSKI (Pusat Kajian Islam) Dalam Membentuk Kepribadian Islami Studi Kasus Universitas Ibn Khaldun Bogor. Komunika: Journal of Communication Science and Islamic Dakwah, 5(2). https://doi.org/10.32832/komunika.v5i2.5174

Issue

Section

Artikel