Analisis Pesan Dakwah di Channel Youtube Teladan Cinema pada Project Singlelillah

Authors

  • Khairun Nisa Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Suyyud Arief Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Ibdalsyah Ibdalsyah Ekonomi Syari'ah, Fakultas Agama Islam, Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/komunika.v5i1.5417

Abstract

In this day and age, da'wah is not only done in the mosque by ustadz from mimbar to mimbar.  With the availability of highly advanced media in the 4.0 era, da'wah can be delivered in  various ways, one of which is through social media. This research was conducted to find out  whether the da'wah-da'wah carried out through social media really contains da'wah messages  or not. In this thesis will discuss the da'wah messages in the video project "Singlelilah"  uploaded on the YouTube channel Teladan Cinema and what da'wah methods were used by  the Teladan Cinema team in making this video.The research method used by the author is  descriptive qualitative, that is, research that produces descriptive data in the form of written  words from the person being observed. The data collection techniques used were observation,  direct interview techniques to sources, and documentation. From the research that has been  done, the video project "Singlelillah" contains all categories of da'wah messages that are  related to the propositions of the Al-Qur'an and Al-Hadith. This research  used is the method  of da'wah bi al hikmah.

Abstrak

Pada zaman sekarang, dakwah tidak hanya dilakukan di Masjid oleh seorang pencermah dari mimbar ke mimbar. Dengan ketersediaan media yang sudah sangat maju di era 4.0 ini dakwah bisa dilakukan dengan berbagai cara salah satunya melalui media sosial. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah dakwah-dakwah yang dilakukan melalui sosial media benar-benar mengandung pesan dakwah atau tidak. Dalam penelitian ini akan dibahas pesan-pesan dakwah yang ada pada video project "Singlelilah” yang diunggah di channel youtube Teladan Cinema serta metode dakwah apa yang digunakan oleh team Teladan Cinema dalam membuat video ini. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa tulisan kata-kata dari orang yang diamati. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni dengan observasi, teknik wawancara secara langsung pada narasumber, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, video project "Singlelillah” mengandung semua kategori pesan dakwah yang memiliki keterkaitan dengan dalil dari Al-Qur'an maupun Al-Hadits. Metode yang digunakan adalah metode dakwah bi al hikmah.

References

Agustinova, D. E. (2015). Memahami Metode Penelitian Kualitatif; Teori & Praktik. Yogyakarta: Calpulis.

Al-Utsaimin, M. (2006). Syarah Riyadhus Shalihin Jilid 2. Jakarta: Darul Falah.

Al-Utsaimin, M. (2007). Syarah Riyadhus Shalihin Jilid 3. Jakarta: Darul Falah.

Sabiq, S. (2008). Fikih Sunnah Jilid 3. Jakarta: Cakrawala Publishing.

Sabiq, S. (2012). Fikih Sunnah Jilid 2. Jakarta: Cakrawala Publishing.

Saputra, W. (2011). Pengantar Ilmu Dakwah. Jakarta: Rajawali Pers.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Nisa, K., Arief, S., & Ibdalsyah, I. (2021). Analisis Pesan Dakwah di Channel Youtube Teladan Cinema pada Project Singlelillah. Komunika: Journal of Communication Science and Islamic Dakwah, 5(1), 11–19. https://doi.org/10.32832/komunika.v5i1.5417

Issue

Section

Artikel