Analisis Semiotik Pesan Dakwah Web Series Ramadhan "Keluarga Hijrah"

Safira Maudina

Abstract


Web series adalah format acara berseri yang ditayangkan disebuah medium yang saat ini sedang berkembang bernama Web Tv. Contohnya Web Tv yang saat ini sedang berkembang hampir di seluruh dunia yaitu youtube dan vimeo. Web series biasanya di setiap episodenya berdurasi sekitar 5 (lima) hingga 10 (sepuluh) menit. Sehingga web series biasanya memiliki jalan cerita dan konflik yang lebih jelas dengan akar cerita yang kuat membuat penonton lebih paham alur dalam ceritanya. Maka banyak web series saat ini dibuat untuk menyampaikan pesan. Seperti salah satu web series ramadhan berjudul “keluarga hijrah” yang di produksi oleh film maker muslim. Web series ini menceritakan tentang Dani yang baru pulang dari luar negeri kaget melihat keluarganya hijrah semua dan keluarganya mengajak Dani untuk belajar mengenal kembali agama Islam serta mendekatkan diri kepada Allah swt.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya makna nasihat dengan menggunakan teori analisis semiotika metode Roland Barthes, serta bagaimana pesan dakwah didalamnya yang tatarannya menggunakan makna denotasi, konotasi dan mitos yang ada dalam temuan makna nasihat di dalam web series keluarga hijrah.

            Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dalam web series keluarga hijrah terdapat 19 adegan yang mengandung makna nasihat. Pada setiap adegan terdapat simbol-simbol yang memiliki pesan nasihat yang berbeda-beda. Dari keseluruhan makna yang di dapat disimpulkan bahwa saling menasihati untuk kebaikan itu adalah kewajiban pada setiap umat muslim.

Kata Kunci: Web Series, Pesan Dakwah, Analisis Semiotik.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32832/komunika.v5i2.6101

Article Metrics

Abstract view : 584 times
PDF - 399 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Komunika: Journal of Communication Science and Islamic Dakwah

Komunika: Journal of Communication Science and Islamic Dakwah (Print ISSN 2599-3445; ISSN Online 2614-2163) is published by Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Ibn Khaldun Bogor.