HUBUNGAN MOTIVASI KERJA DAN DISIPLIN KERJA DOSEN DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DI UNIVERSITAS IBN KHALDUN BOGOR

Widhi Ariyo Bimo

Abstract


Pendidikan di universitas bukan hanya ditentukan oleh individual seorang mahasiswa tapi ada faktor lain salah satunya yaitu pengaruh kepribadian dari seorang dosen. Tujuan penelitian adalah sebagai berikut : Untuk mengetahui apakah secara simultan terdapat Hubungan variabel Motivasi Kerja (X1) dan Disiplin Kerja Dosen (X2) Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Y) di Universitas Ibn Khaldun Bogor.
Teknik pengambilan sampel yang dipakai dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik Sensus. Dimana setiap anggota populasi mempunyai peluang yang sama untuk dipilih sebagai sampel.
Berdasarkan hasil analisis koefisien korelasi parsial variabel Motivasi Kerja (X1) dengan Prestasi Belajar Mahasiswa (Y) diperoleh nilai positif sebesar 0,738 dan Hubungannya kuat. Hal ini perlu dibuktikan melalui nilai thitung sebesar = 3,211 > t0,05 (24) = 1,711, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti mempunyai cukup bukti bahwa antara variabel Motivasi Kerja (X1) dengan variabel Prestasi Belajar Mahasiswa (Y) ada Hubungan cukup signifikan. Berdasarkan hasil analisis koefisien korelasi parsial variabel Disiplin Kerja Dosen (X2) dengan variabel dependen Prestasi Belajar Mahasiswa (Y) diperoleh nilai positif sebesar 0,903 dan Hubungannya sangat kuat. Hal ini perlu dibuktikan melalui nilai thitung = 7,694 > t0,05 (24) = 1,711,, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti mempunyai bukti, bahwa antara variabel Disiplin Kerja Dosen (X2) dengan variabel Prestasi Belajar Mahasiswa (Y) ada Hubungan yang nyata atau signifikan. Sedangkan hasil analisis secara simultan antara vaiabel Motivasi Kerja (X1) dan Disiplin Kerja Dosen (X2) dengan variabel Prestasi Belajar Mahasiswa (Y) diperoleh nilai positif, atau hasil analisa Model Summary menghasilkan nilai R sebesar 0,934 sedangkan nilai R Square sebesar 0,873 atau 87,3% hal dibuktikan dengan uji Fhitung diperoleh nilai sebesar 78,753 dimana lebih besar dari Ftabel (25) sebesar 2,980 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 karena 0,000 < 0,05, maka dapat dikatakan variabel Motivasi Kerja (X1) dan variabel Disiplin Kerja Dosen (X2) secara bersama-sama mempunyai hubungan yang sifnifikan dengan variabel Prestasi Belajar Mahasiswa (Y) di Universitas Ibn Khaldun Bogor.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32832/moneter.v1i1.209

Article Metrics

Abstract view : 140 times
PDF - 87 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.