PENERAPAN KNOW YOUR CUSTOMER PRINCIPLE DALAM PENCEGAHAN RESIKO PADA PT.BNI SYARIAH BOGOR

Rachmatullaily ., Fauzan Ramadhan

Abstract


Dalam dunia perbankan, nasabah menjadi sumber utama dari profit yang dikejar oleh pihak Bank. Maka semakin banyak nasabah yang ada pada Bank tersebut maka semakin besar pula profit yang akan dihasilkan. Namun ayang harus kemabali diperhatikan oleh pihak bank adalah semakin banyak
nasabah yang yang ada pada Bank tersebut juga meningkatkan resiko yang terjadi salah satu resio yang dapat terjadi adalah money laundry dan penipuan. Maka dari itu Bank Indonesia mewajibkan seluruh Bank yang ada di Indoneisa agar melakukan prinsip keahati - hatian dalam mencegah resiko
terjadi tindakan money laundry dan penipuan oleh nasabahnya sendiri. Prinsip ini tertuang dalam PBI No. 3/1998. Prinsip ini pula dikenal dengan pengenalan nasabah atau know your customer principle.
Prinsip kehati - hatian yang diterapkan oleh setiap Bank dalam rangka mengetahui identitas nasabah serta mengawasi arus transaksi nasabah. Kemudian dalam Praktek Kerja Lapanagan pada Bank
Negara Indonesia Syariah KCU Bogor dilakukan dengan mengamati bagaimana penerapan know your customer principle, mekanisme penerapan know your customer principle, serta hambatan yang
dihadapi dalam penerapan know your customer principle yang dilakukan oleh frontlinner yaitu customer service dan teller. Secara garis besar mekanisme yang dilakukan dalam penerapan prinsip
ini adalah dengan dua cara yaitu dengan pemberian form dan pendekatan secara emosional kepada nasabah.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32832/moneter.v7i1.2513

Article Metrics

Abstract view : 187 times
PDF - 123 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.