KELAYAKAN PEMBERIAN KREDIT MIKRO PADA PT. BANK X CABANG BOGOR GUNUNG PUTRI

Authors

  • Fani Efrina
  • Supramono .

DOI:

https://doi.org/10.32832/moneter.v3i2.955

Abstract

Kredit juga mempunyai fungsi dalam perekonomian sebagai sarana bagi peningkatan daya guna barang dan uang, lalu lintas pembayaran, mendorong kegairahan berusaha, sarana pemetaan pendapatan, dan sebagai alat stabilitas moneter serta mendorong hubungan internasional. Prinsip utama yang melandasi sebuah lembaga kredit mikro (MFI, Micro Finance Institution) idealnya adalah solidaritas terhadap sesama manusia, yang karena situasi terpuruk di jurang kemiskinan.
Berikutnya adalah kepercayaan bahwa mereka yang paling miskin, pengangguran, buta huruf, atau cacat pun memiliki keterampilan dan kreativitas yang belum tergali secara optimal. Karena dilandasi prinsip-prinsip inilah, maka operasi kredit mikro juga idealnya berbeda dengan sistem pinjaman bank atau institusi finansial konvensional lainnya. Pinjaman akan diberikan, umumnya kepada pihak kelompok dan bukan ke perorangan, dengan bunga jauh yang lebih rendah dibandingkan bunga bank dan tanpa perlu jaminan.

Downloads

Published

2015-09-17

How to Cite

Efrina, F., & ., S. (2015). KELAYAKAN PEMBERIAN KREDIT MIKRO PADA PT. BANK X CABANG BOGOR GUNUNG PUTRI. Moneter : Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 3(2). https://doi.org/10.32832/moneter.v3i2.955

Issue

Section

Artikel