PROSEDUR PROSES KLAIM JAMKRINDO TERHADAP KREDIT KUPEDES RAKYAT STUDI KHASUS PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) Tbk

Authors

  • Selviana Juniar
  • Hendri Maulana

DOI:

https://doi.org/10.32832/moneter.v4i1.962

Abstract

Perkembangan ekonomi disuatu Negara sangat bergantung pada perkembangan dinamis dan kontribusi nyata dari sektor perbankan. Pasca krisis ekonomi dan moneter di Indonesia memberikan gambaran nyata betapa peran strategi sektor perbankan sangat penting. Ketika sektor perbankan terpuruk perekonomian nasional juga ikut terpuruk. Usaha mikro, kecil dan menengah juga memegang peran yang penting dalam pembangunan ekonomi karena tingkat penyerapan tenaga kerjanya yang relatif tinggi dan kebutuhan modal investasinya yang kecil. Hal ini tidak membuat UMKM tidak rentan terhadap berbagai perubahan eksternal sehingga pengembangan pada sektor UMKM dapat menunjang diversifikasi ekonomi dan percepatan perubahan struktural yang merupakan prasyarat bagi pembangunan ekonomi jangka panjang yang stabil dan berkesinambungan.
Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang kini dikenal dengan nama Kredit Kupedes Rakyat pada PT. Bank Rakyat Indonesia dengan suku bunga rendah ,Telah mendapat penjaminan untuk pencairan pada kreditnya dan biasa disebut Klaim Kupedes Rakyat merupakan tuntutan pembayaran oleh penerima jaminan (Bank) kepada penjamin (Askrindo/Jamkrindo) pada saat munculnya hak klaim yang diakibatkan risiko yang dijamin didalam polis.

Downloads

Published

2016-02-18

How to Cite

Juniar, S., & Maulana, H. (2016). PROSEDUR PROSES KLAIM JAMKRINDO TERHADAP KREDIT KUPEDES RAKYAT STUDI KHASUS PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) Tbk. Moneter : Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 4(1). https://doi.org/10.32832/moneter.v4i1.962

Issue

Section

Artikel